Day Care Al-Hadi, Tempat Penitipan Anak Menjaga Tumbuh Kembang Buah Hati


+
"Day Care" Tempat Penitipan Anak Menjaga Tumbuh Kembang Buah Hati

(dok. pribadi)

Masih banyak yang kurang paham dengan sebutan day care, mungkin juga karena berbahasa Inggris. Namun dalam perkembangannya terurama di kota-kota besar dengan kesibukan suami dan istri bekerja. Kegiatan penitipan anak atau day care menjadi sebuah kebutuhan yang sangat utama bagi orangtua untuk tetap menjaga tumbuh kembang buah hati.

Child care atau day care merupakan lembaga penitipan anak yang dapat menggantikan peran orang tua dalam merawat dan mengasuh anak saat orang tua sedang bekerja atau tidak berada di rumah. Di day care anak juga bisa belajar agar lebih mandiri dan juga bersosialisasi lebih baik dengan lingkungan.

Kali ini saya berkunjung ke sebuah day careyang berada di daerah Meruya, Jakarta Barat yakni Day CareAl Hadi. Lokasi tidak begitu sulit di tempuh dengan menggunakan Bus Transjakarta tujuan Harmoni — Lebak Bulus, lalu turun di Halte Kebon Jeruk dan tepat di Gedung Kompas Gramedia di Jalan Panjang bisa lanjut naik layanan online dengan tarif yang minimun kurang dari 3 km.

Day Care Al Hadi yang beralamat di Taman Aries, Jalan Aries Utama Blok F12 No.8 Kembangan, Jakarta Barat. Ketua Yayasan Al Hadi Taman Aries Anifah Qowiyatun, S.Sos.I yang merupakan lulusan fakultas dakwah Universitas Muhammadyah Jakarta. Wanita kelahiran tahun 1986 telah aktif diberbagai kegiatan pendidikan sejak kuliah hingga kepeduliannya untuk mendirikan day care.

Al Hadi yang berarti “Yang Memberi Petunjuk” adalah salah satu nama Allah yang maha indah. Nama “Al-Hadi” disebutkan dalam Al Quran di dua ayat pada surat Al-Hajj, 54  dan Al-Furqan, 31. Bermakna memberi petunjuk dan hidayah kepada hamba-hamba-Nya agar bahagia di dunia dan akhirat dengan taat kepada-Nya dan yang memberik petunjuk seluruh makhluk hidup kepada sesuatu yang bermanfaat baginya dan memberi petunjuk mereka kepada perkara yang menyebabkan bisa terhidar dari bahaya.

Jumlah guru sebanyak 10 orang dengan latar pendidikan dan jabatan yang terdiri dari 1 orang Kepala Sekolah Preschool, 1 orang guru preschool dan TU,  1 orang guru daycare dan tahfidz, 1 orang guru preschool dan daycare, 3 orang guru daycare , 1 orang guru preschool serta 2 guru bimbel.

“Sistem pendidikan Islam dan pola pengasuhan anak di Day Care Al Hadi juga memperhatikan kondisi orang tua yang ada di sekitarnya, sehingga tidak memberatkan”, ujar Mba Ani. Lokasi sekitar Day Care Al Hadi yang berada di komplek perumahan dan perkantoran serta cukup ramai dengan pedagang sayuran, pedagang makanan dan lainnya yang memiliki anak kecil sehingga sebagian dari kedua orang tua mereka kurang memperhatikan perkembangannya.

Tujuannya Day Care Al Hadi tidak semata-mata hanya untuk bisnis  namun untuk tujuan sosial dan dakwah. Dengan tarif yang relatif murah dengan tidak mengabaikan standar dan kualitas yang baik di sesuaikan dengan program yang tersedia.

Metode Pembelajaran antara lain,

1.       Menggunakan buku paket di sekolah

2.       Memberikan soal-soal sesuai dengan materi

3.       Mengenalkan materi baru yang belum dipelajari disekolah

4.       Memberikan waktu istirahat agar anak belajar tidak bosan (main, tebak-tebakan dll)

5.       Selingan belajar dengan hafalan surah-surah Al Quran dan doa-doa harian.

Usia anak yang sesuai program Day Care Al Hadi di mulai dari usia 2 tahun hingga 9 tahun dengan metode pembelajaran,

–          Talaqqi yaitu metode guru membaca sebanyak 10 kali murid mendengar seelah mengulangi dan mengucapkan ayat sejumlah yang ditentukan guru.

–          Smart hafidz / earphone yaitu metode menghafal dengan alat dan selanjutnya baru mengikuti talaggi dan bacaan guru.

Pola pendidikan Al Hadi sesuai tingakata usia antara lain,

A.      Day Care (Pentipan Anak) terdiri dari Kelompok Reguler dan Kelompok Irreguler

B.      Pre School terdiri dari Kelas Toodler (1,5 hingga 2,5 tahun), Kelas kelompok bermain (3 — 4 tahun) dan Kelas TK A dan TK B (5 – 6 tahun)

C.      Bimbel (TK-SD-SMP) terdiri dari Kelompok Reguler (TK), Kelompok Reguler (SD) dan Kelompok Private (SD)

Fasilitas ruangan ber-AC tempat luas, guru dan pengasuh profesional dan berpengalaman.

Setelah saya berkeliling di Day Care Al Hadiyang memiliki bangunan 2 lantai, pada bagian lantai atas anak-anak di didik oleh para miss (pengasuh). Dimana ada program toilet trainning yaitu tahapan dimana anak-anak akan mulai belajar buang air besar (bab) serta buah air kecil (bak) tidak menggunakan pampers/popok dan juga belajar untuk dapat membersihkannya sendiri.

Peran Day Care Al Hadi adalah mengajarkan pembiasaan yang baik dalam kehidupan sehari-hari. Kesuksesan tumbuh kembang anak memerlukan kerjasama yang baik antara orang tua dan Day Care Bahkan orang tua adalah tulang penggung utama. Untuk lebih jelasnya dapat di lihat di website alhadidaycare.com (MS)

Tinggalkan Balasan