Penghijauan

Penggiat Kampung Iklim Desa Daru dan Relawan Lingkungan

Desa Daru – Tidak dapat dipungkiri lagi bahwa peran serta kita untuk menjaga lingkungan hidup sangat dibutuhkan mengingat kondisi alam kita yang semakin hari semakin sulit terkendali karena semakin menurunnya kepedulian masyarakat terhadap lingkungan sekitar kita. Adanya peran relawan lingkungan dibutuhkan agar terciptanya pejuang ikhlas tanpa pamrih dalam keikutsertaan bersama untuk berperan menciptakan suasana lingkungan kembali normal.

Pada hari Minggu (16/2) bersama masyarakat dilingkungan Perumahan Daru Indah RW 02 Desa Daru, Kabupaten Tangerang diadakan Sosialisasi Program Kampung Iklim (ProKlim). Ketua DSC (Daru Station Community) M.Muchtar, SKom memberikan arahan dan petunjuk bagaimana kita melakukan Gerakan Nasional Pengendalian Perubahan Iklim Berbasis Komunitas yang diselenggarakan Direktorat Jenderal Pengendalian Perubahan Iklim, Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan Republik Indonesia.

Dalam kesempatan ini Desa Daru, Kabupaten Tangerang terpilih untuk nominasi ProKlim untuk tahun 2021 atas usulan dari DSC bersama dengan desa lainnya seperti Desa Sepatan dan Desa Suradita. Mulai tahun 2020 ini kita di Desa Daru sudah harus melakukan sosialisasi berkelanjutan dan berkonsolidasi dengan Pemerintahan Desa Daru untuk menjaga lingkungan sesuai Proklim yang nantinya akan mendapatkan bimbingan dan arahan dari  Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan (DLHK) Provinsi Banten dan Kabupaten Tangerang.

“Merupakan program yang memberikan penguatan pelaksanaan upaya adaptasi dan mitigasi perubahan iklim serta kelembagaan untuk mendukung pelaksanaan ProKlim dan pengakuan upaya mitigasi dan adaptasi perubahan iklim yang terintegrasi”, ujar Muchtar menjelaskan Proklim.

Sosialisasi ProKlim di lingkungan Perumahan Daru Ini dah dihadiri oleh Ketua RW 02 Agus Heryadi dan semua ketua RT serta perwakilannya. Dalam kesempatan ini Ketua RW 02 sangat mendukung terwakili Desa Daru dalam ProKlim ini. “Sebenarnya  sudah menjadi cita-cita saya agar di lingkungan di Perumahan Daru Indah itu tercipta suasana yang Asri, Bersih dan Hijau,” kata Agus

Kampung iklim adalah lokasi yang berada di wilayah administratif paling rendah setingkat rukun warga atau dusun dan paling rendah setingkat kelurahan atau desa, atau wilayah yang masyarakatnya telah melakukan upaya adaptasi dan mitigasi perubahan iklim secara berkesinambungan.

Dalam kesempatan ini hadir Ketua BPD Daru Ridwan Wahyudi  yang turut berpartisipasi sebagai warga RW 02 dan juga pengurus DSC sebagai Ketua Bidang Pemberdayaan Masyarakat Desa Daru. “Kegiatan mitigasi perubahan iklim yang dilakukan di lingkungan RW 02 tentunya agar dapat mengatasi kendala yang terjadi pada saat ini seperti masalah sampah dan pengelolaan sampah, limbah padat dan cair.”  ujar Ridwan.

Pada sesi penjelasan materi Proklim di sampaikan Sekjen DSC M.Sobari, Skom. “Manfaat Proklim diantaranya, meningkatkan ketahanan masyarakat dalam menghadapi variabilitas iklim dan dampak perubahan iklim, meningkatkan kualitas hidup dan sosial ekonomi, terukurnya potensi dari kontribusi pengurangan emisi GRK suata lokasi terhadap pencapaian target penurunan emisi GRK nasional, tersedianya data kegiatan adaptasi dan mitigasi perubahan iklim serta potensi pengembangannya di tingkat lokal yang dapat menjadi bahan masukan dalam perubahan kebijakan, strategi dan program terkati perubahan iklim, terbangunnya kesadaran dan gaya hidup rendah emisi dan terakhir meningkatkan kemampuan masyarakat di tingkat lokal untuk mengadopsi teknologi rendah emisi yaitu teknologi yang menghasilkan emisi GRK minimal,” kata Sobari

Sekretariat DSC telah melakukan koordinasi dengan berbagai pihak untuk dapat bekerjasama dengan Desa Daru diantaranya dengan Humas Kemen LHK, , Direktorat Pengendalian Perubahan Iklim, Kemen LHK, BPDASHL Citarum Ciliwung untuk permohonan bibit tanaman buah,  Dinas Perhubungan Kabupaten Tangeran untuk pelaksanaan pembangunan perlengkapan jalan di perlintasan kereta api di Desa Daru dan Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan Kabupaten Tangerang untuk koordinasi penyuluhan dan bantuan perlengkapan penghijauan serta Koordinasi dengan Kepala Desa Daru H. Ayo Suharyo sebagai pimpinan pemerintahan desa.

“Kita bangun Desa Daru dengan semangat bersama agar tercipta lingkungan hidup yang sehat serta membawa kesejahteran masyarakat Desa Daru terutama untuk anak-anak muda pendidikan ketrampilan dan terbukanya lapangan pekerjaan” pesan Suharyo di saat pertemuan bersama pengurus DSC beberapa waktu lalu. (MS)

Tentang Penulis

berkembang dengan terencana

Tinggalkan Balasan