Yayasan Rahmatan Lil Alamin Jakarta Timur, Wujudkan Generasi Kuat


+

Yayasan Rahmatan Lil Alamin Jakarta Timur,  Wujudkan Generasi Kuat

Pentas Kreasi Seni
Tahun Baru Islam merupakan suatu hari yang penting bagi umat Islam karena menandai peristiwa penting yang terjadi dalam sejarah Islam yaitu memperingati penghijrahan Nabi Muhamaad SAW dari Kota Mekkah ke Madinah pada tahun 622 Masehi. Peristiwa bersejarah itu terjadi pada 1 Muharram tahun baru bagi kalender Hijriyah.Pada hari Minggu (30/9) di Balai Latihan Kesenian Jakarta Timur, Jalan H. Naman No. 17, RT 3/RW 2, Pondok Kelapa, Duren Sawit, Jakarta Timur adalah lokasi Yayasan Rahmatan Lil Alamin Jakarta Timur mengadakan acara peringatan Tahun Baru Hijrah.

Acaranya yang sedianya dimulai pada jam 08.00 WIB hingga selesai dan sebelum memasuki ruang acara saya terlebih dahulu menyaksikan cek kesehatan dan pengobatan gratis buat anak-anak yatim dari beberapa cabang yang ada di Jakarta Timur, Bekasi, Bogor dan Tangerang.

Bakti Kesehatan Yatim (Dokpri)
Bakti Kesehatan Yatim (Dokpri)

Pengecekan kesehatan dan pengobatan gratis dilakukan oleh para relawan dari Yayasan Rahmatan Lil-Alamin Jakarta Timur yang sesuai bidang keahliannya. Salah satu relawan sempat saya tanyakan dan menjelaskan bahwa, “Saat ini masih kuliah di salah satu sekolah perawatan dan sangat senang membantu anak-anak Yatim”.Beberapa spanduk terpasang memperlihatkan kegiatan-kegiatan yang dilakukan oleh anak-anak yatim  Yayasan Rahmatan Lil-Alamin Jakarta Timurseperti, Kegiatan Asrama baik di pusat maupun di Cabang Cibubur dan juga Kegiatan Cabang yang berada di Cabang Bekasi, Cabang Karawang dan Cabang Bogor. Dan yang menarik adalah spandung launching Rumah  Tahfidz Al Faruq. Jadi untuk lebih jelasnya lagi, saya harus masuk ke ruang acara yang akan segera di mulai.

Beberapa undangan tamu dari instansi pemerintah antara lain,  perwakilan dari  Pemerintah Kota Jakarta Timur,  perwakilan dari MUI DKI Jakarta dan Jakarta Timur ,  perwakilan dari donator dan juga hadir dari para perwakilan dari sponsor.

Rumah Tahfidz Al Faruq (Dokpri)
Rumah Tahfidz Al Faruq (Dokpri)

Perayaan Tahun Baru Hijriah adalah kegiatan rutin tahunan yang dilaksanakan oleh Yayasan Rahmatan Lil-Alamin Jakarta Timur, untuk saat ini berupa kegiatan Bakti Sosial dan Pentas Seni Anak Yatim Binaan. Semarak Tahun Baru Hijriah Muharam 1440 H tahun ini diisi dengan kegiatan Baksos berupa Satunan Anak Yatim, Cek Kesehatan dan Pengobatan Gratis sebanyak lebih kurang 420 anak yatim serta pentas kreativitas seni anak yatim dan binaan yang berasal dari 8 wilayah binaan yaitu, Pondok Kelapa (Jakarta Timur), Cibubur  (Jakarta Timur), Tambelang (Bekasi), Kedung Halang (Kota Bogor), Jati Nunggal (Bogor) dan Rajeg (Tangerang).

(Dokpri)
(Dokpri)

Seperti yang dijelaskan oleh Ketua Yayasan Rahmatan Lil-Alamin Jakarta Timur, Erin Hendrian, SH, MH pada saat memberikan kata pembukaan bahwa,  Kegiatan perayaan Muharam 1440 H tahun ini mengambil tema “Momentum Tahun Baru Hijriyah, Kita Wujudkan Generasi Kuat Yang Islami”.Tema tersebut berkatan dengan firman Allah SWT,

QS : Al Hasyr (59) ; 18

“Hai orang-orang yang beriman, bertakwalah kepada Allah dan hendaklah setiap diri memperhatikan apa yang telah diperbuatnya untuk hari esok (akhirat); dan bertakwalah kepada Allah, sesungguhnya Allah Maha Mengetahui apa yang kamu kerjakan.”

Erin, juga menjelaskan, “Pentingnya generasi muda yang kuat dan juga hafal dalam membaca Al Quran dengan baik dan benar. Menjauhkan diri dari perbuatan korupsi dan pemakaian narkoba yang bisa merusak generasi muda.”

Bagaimana kita mempersiapkan generasi kuat di masa hadapan (kuat :akidahnya, akhlaknya, moralnya dll)

QS. AN NISA ; 9

“Dan hendaklah takut kepada Allah orang-orang yang seandainya meninggalkan dibelakang mereka anak-anak yang lemah, yang mereka khawatir terhadap (kesejateraan) mereka. Oleh sebab itu hendaklah mereka bertakwa kepada Allah dan hendaklah mereka mengucapkan perkataan yang benar.”

Kegiatan ini dilaksanakan sebagai wujud kepedulian kepada sesama khususnya anak yatim dan sebagai bentuk pertanggungjawaban kepada Donatur yang telah memberikan amanah Donasi kepada Yayasan, diharapkan dari kegiatan ini, masyarakat atau Donatur khususnya anak yatim dan dhuafa, meningkatkan kecintaan bersedekah sebagai sebuah kebutuhan agar hidup menjadi berkah dan juga bisa meningkatkan kepercayaan kepada Yayasan atas pengelolaan Donasi yang diberikan amanah oleh Donatur. Donasi yang diberikan kepada Yayasan diperuntukan untuk bantuan kesejahteraan sosial anak yatim dan dhuafa serta untuk pemberdayaan anak yatim dan binaan yang ada di beberapa wilayah binaan tersebut.

Puisi Terimakasih Ayah (Dokpri)
Puisi Terimakasih Ayah (Dokpri)

Beberapa rangkaian acara yang dilakukan oleh anak-anak yatim dan binaan seperti pembacaan surat Al- Quran, Marawis, Pentas Musik dan Tari, juga keahlian anak-anak yang memainkan musik Angklung dan juga musik tradisional lainnya. Keahlian ini sangat besar manfaatnya buat anak-anak agar dapat menumbuhkan nilai-nilai kecintaan akan musik tradisional Indonesia.Keahlian lainnya yang diperlihatkan anak-anak yatim dan binaan Yayasan Rahmatan Lil-Alamin Jakarta Timur adalah kepandaian dalam penggunaan bahasa Inggris dan bahasa Arab. Ini menjadi bekal untuk masa depan untuk generasi kuat yang Islami.

Program yayasan tahun 2018 adalah pembebasan gedung untuk Rumah Sehat Yatim Dhuafa, Pengelolaan Rumah Tahfidz Al Qur’an dan pembiayaan pendidikan (Beasiswa) jenjang pendidikan Strata 1.

Sedangkan program kesejahteraan sosial, orang tua asuh dan beasiswa pendidikan tetap berjalan, untuk anak penerima bea siswa baru sejumlah 57 anak (SD 10 anak, SMP 11 anak, SMA 13 anak, Perguruan Tinggi 23 anak), dan anak yatim binaan yang tinggal di asrama baru sejumlah 22 anak.

+

Yayasan Rahmatan Lil Alamin Jakarta Timur,  Wujudkan Generasi Kuat

Pentas Kreasi Seni
Wisnu AW, Korps Marinir TNI AL (tengah) - Dokpri
Wisnu AW, Korps Marinir TNI AL (tengah) – Dokpri

Salah satu donator seorang Prajurit Marinir TNI AL,  Wisnu AW,  turut memberikan kata sambutan dan memberikan semangat kepada anak-anak bahwa pentingnya kita menjaga kekompakkan dengan kejujuran dan menghindari narkoba. Persatuan dan kesatuan harus terus dijaga agar tercipta generasi muda yang bermanfaat untuk masa depan agar bisa membela bangsa dan negara nya.Apa yang harus kita lakukan terhadap anak-anal yatim ?

Berbagi rezeki, tidak membiarkan mereka sengsara, menderita, kita harus membina, mendidik, memenuhi kebutuhan dasarnya, sebagai manusia (kasih sayang, pendidikan, kenyamanan, rasa aman, tempat tinggal, kesehatan, dll

Hadist menuntut ilmu :

“Barangsiapa yang menempuh suatu perjalanan dalam rangka untuk menuntut ilmu maka Allah akan mudahkan bagianya jalan ke surga. Tidaklah berkumpul suatu kaum disalah satu masjid diantara masjid-masjid Allah, mereka membaca Kitabullah serta saling mempelaharinya kecuali akan turun kepada mereka ketenangah dan rahmat serta diliputi oleh para malaikut. Allah menyebut-nyebut mereka dihadapan para malaikat.” (HR.Muslim)

Mewujudkan generasi kuat seperti Kalimat Tauhid dalam,

QS. Ibrahim (14) : 24-25

“Tidakkah kamu perhatikan bagaiman Allah telah membuat perumpamaan kalimat yang baik seperti pohon yang baik, akarnya teguh dan cabangnya (menjulang) ke langit, pohon itu memberikan buahnya pada setiap muslim dengan seizin Tuhannya. Allah membuat perumpamaan-perumpamaan itu untuk manusia supaya mereka selalu ingat.”

Setelah akidah dan muamalahnya (akhlak) kuat, maka pasti akan diberikan kekuatan oleh Allah SWT.

QS. Al Baqarah : 247

Nabi mereka mengatakan kepada mereka : “Sesungguhnya Allah telah mengangkat Thalut menjadi rajamu”. Mereka menjawab., “Bagimana Thalut memerintah kami padahal kami lebih berhak mengendalikan pemerintahan daripadanya, sedang diapun tidak diberi kekayaan yang cukup banyak ?” Nabi (mereka) berkata, “Sesungguhnya Allah telah memilih rajamu dan menganugerahinya ilmu yang luas dan tubuh yang perkasa”.  Allah memberikan pemerintahan kepada siapa yang dikehendaki-Nya. Dan Allah Maha Luas pemberian-Nya lagi Maha Mengetahui.

Bagaiman membentuk tubuh yang perkasa ?

Ada beberapa olah raga yang dianjurkan Rasullulah, namun yang paling dikenal adalah anjuran untuk belajar memanah, berenang, dan berkuda. Rasullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam dalam sebuah hadists : Ajarkanlah anak-anakmu memanah, berenang’ (HR.Nasa’i)

Selain itu, Rasullah Shallallahu “alamiu wa sallam juga menekankan urgensi kekuatan bagi seorang mu’min dengan segala maknanya, sebagaimana sabda beliau, “Mu’min kuat lebih baik dan lebih dicintai Allah daripada mu’min yang kuat lebih baik dan lebih dicintai Allah daripada mu’min yang lemah.” (HR.Muslim)

Dengan paparan sambutan Pengurus berkaitan dengan tema perayaan 1 Muharam 1440 H.

Diinformasikan bahwa Yayasan Rahmatan Lil-Alamin berdiri sejak tanggal 08 April 2005 atau sudah lebih kuat 13 tahun melaksanakan kegiatan dibidang sosial, kemanusian, dan keagamaan serta telah memiliki legalitas hukum dari Kemenhum HAM RI dan telah memiliki Izin Operasional dari Dinas Sosial DKI Jakarta, dan saat ini memiliki anak binaan yatim sebanyak 420 dan dhuafa 244 orang, Sebagai wujud pertanggungjawaban Yayasan dalam memberikan trust kepada Donatur dengan cara melaksanakan event Baksos (Santunan, Cek Kesehatan dan Pengobatan Gratis) setiap bulan rutin di berbagai wilayah binaan, melaksanakan kegiatan rutin harian, pekanan dalam bidang pemberdayaan anak yatim dan binaan baik di pusat maupun di cabang-cabang Yayasan yaitu kegiatan, Baca Tulis dan Hapalan Al Qur’an, Pelatihan IT, Seminar, Kreativitas Seni Musik, Seni Suara, Seni Tari, Puisi, Drama, Teather, dan lain-lain.

Sebagai wujud keseriusan dalam hal pengelolaan Administrasi, Yayasan Rahmatan Lil-Alamin menggunakan Sistem Manajhemen Mutu ISO 9001:2015 dari Badan Sertifikasi IAPO R&T USA dan system ISO ini telah berjalan lebih kurang 8 tahun serta secara periodic  diadakan audit rutin oleh lembaga independent tersebut.

Program jangka panjang Yayasan tersimpul dalam sebuah Visi ”

“Terwujudnya Seribu Kampung Harapan Sebagai Implementasi Masyarakat Yang Berbudaya Maju, Sehat, Aman dan Sejahtera Berdsarkan Nilai-Nilai Ilahiya”.

Yayasan Rahmatan Lil Alamin Jakarta Timur,  Wujudkan Generasi Kuat

Pentas Kreasi Seni

Apa itu Kampung Harapan ?

Membangun Kampung harapan adalah program jangka panjang Yayasan dalam bentuk Ril pembangunan desa sebagai pilar kekuatan Negara yang diwujudkan sebagai progarm pendampingan, kerja sama antara yayasan dengan Instnasi Pemerintah maupun Swasata serta masyarakata setempat dengan mengadakan dan melengkapi infrastruktur pendidikan, ekonomo, sosial, budaya, kemanusiaan dan keagamaan,

Jadi Kampung Harapan adalah sebuah tempat atau areal terpadu yang terintegrasi dengan berbagai lembaya yang ada didalamnya diantaranya tersedianya lembaga pendidikan, balai kesehatan (rumah sakit), gedung pertemuan, sarana ibadah, pertanian terpadu, Asrama Yatim Piatu akan terpenuhinya kebutuhan dasar manusia seperti layaknya anak-anak lainya yang mempunyai kedua orang tua, yang selalu diperhatikan dan dipenuhinya apa yang dibutuhkan oleh seorang anak

Akhirnya sekitar jam 1.00 WIB acara berakhir dengan di tandai pembagian santunan buat anak-anak Yatim dan Binaan  serta pembagian bingkisan. Sangat kagum saya menyaksikan sebuah acara yang sangat kompak dilakukan bersama dengan keterlibatan semua pihak di Yayasan Rahmatan Lil Alamin Jakarta Timur (MS)

Tinggalkan Balasan