Mengenal Obat, Perlu Informasi yang Tepat


+

Mengenal Obat Perlu Informasi yang Tepat

Foto Pribadi

Sebelum mendaftar ikut serta acara yang di adakan oleh IAI (Ikatan Apoteker Indonesia). Sempat saya berpikir sejenak, “Apakah saya bisa memenuhi syaratnya ?”  Dan juga saya mengajak teman-teman di Komunitas Sahabat TDB (taudariblogger.info) untuk ikut serta.

Ternyata email yang saya kirim pada hari Kamis (27/9) berbalas baik pada hari Jumat (28/9) dan selanjutnya memberikan kabar saya bisa mengikuti acaranya. Memang saya pernah mengikuti acara Talk Show dan Sosialisasi GeMa CerMat sebelumnya,

1.GeMa CerMat di JIExpo, Kemayoran (13-15 November 2015)

2.Sosialisasi GeMa CerMat (Gerrakan Masyarakat Cerdas Menggunakan Obat)  di Kemenkes, Kuningan (27 November 2015)

3.Fun Games & Edukasi di Stasiun Kranji, Bogor, Kebayoran dan Tangerang (4 November 2016)

GeMa Cermat
GeMa Cermat

Acara Gathering Blogger and Journalist “Be Smart and Fun with Pharmacists”  di selenggarakan pada hari Sabtu (29/9) dalam rangka memperingati Word Pharmacists Day (Hari Apoteker se-Dunia) yang berlokasi di kantor Sekretaris PP Ikatan Apoteker Indonesia (IAI), Jl. Wijaya Kusuma No. 17, Tomang, Jakarta Barat.Alhamdullilah, ternyata peserta yang memenuhi syarat mengikuti acara yang dipandu dengan whatsApp Group Journalis, Blogger w/IAI dengan adminnya,

Erie Gusnellyanti atau biasa dipanggil Mba Nelly dari Bidang Humas PP IAI (Ikatan Apoteker Indonesia) sekaligus Kasi Peningkatan POR Direktorat Pelayanan Kefarmasian Kemenkes RI.

Anggun, dari IYPG (Indonesia Young Pharmacist Group)

Tresnawati, Ketua Panitia “Words Pharmcits Day 2018″

Foto Pribadi
Foto Pribadi

Narasumber pada acara hari ini adalah, 1.Noffendri Roestam, S,Si, Apt selaku Sekretaris Jenderal PP Ikatan Apoteker Indonesia “Pharmacits, Your Medicines Expets”

2.Indri Mulyani Bunyamin, S.Farm, Apt selaku Ketua HISFARKESMAS PP IAI “Cara Cerdas Gunakan Obat (DAGUSIBU)”

Tujuan diselenggarakan kegiatan ini adalah untuk mensosialisasikan profesi Apoteker kepada publik, sekaligus melakukan komunikasi, edukasi dan informasi (KIE) tentang penggunaan obat secara benar dan DAGUSIBU kepada blogger dan jurnalis.

DAGUSIBU adalah program PP IAI, singkatan dari DApatkan GUnakan SImpan Buang obat dengan baik dan benar. Dalam kegiatan ini juga diadakan praktek edukasi dan diskusi interaktif berkelompok dengan metode CBIA (Cara Belajar Insan Aktif). Acara ini berkat kerjasama dengan Indonesia Young Pharmacists Group (IYPG) dan GeMa CerMat, Kemenkes RI.

Saya  yang juga merupakan Komunitas Pengguna KRL Jabodetabek dan Komunitas TDB (taudariblogger.info) pernah ikut serta melakukan sosialisasi GeMA CerMat. Seru juga..kita pengguna KRL juga turut serta mensosialisasikan kepada pengguna KRL lainnya untuk lebih mengenal “Cara Cerdas Menggunakan Obat”

Foto Pribadi
Foto Pribadi

Dalam materi yang disampaikan oleh Noffendri Roestam mengenai “Apoteker adalah Obat Anda” (judul dalam bahasa Inggris “Pharmacits : Your Medicine Expert”). Perlu juga kita mendapatkan definisi tentang Apoteker.

Apoterker adalah sarjana farmasi yang telah lulus sebagai apoteker dan telah mengucapkan sumpah jabatan apoteker, berdasarkan Peraturan Pemerintah No. 51 Tahun 2009 tentang Pekerjaan Kefarmasian.Pendidikan Apoteker merupakan pendidikan profesi setelah sarjana farmasi. Pendidikan profesi Apoteker hanya dapat dilakukan pada perguruan tinggi sesuai peraturan perundang-undangan (PP 51/2009 Tentang Pekerjaan Kefarmasian).

Jadi sangatlah jelas bahwa tugas seorang apoteker adalah meliputi pembuatan termasuk pengendalian mutu sediaan farmasi, pengamanan, pengadaan, penyimpanan dan pendistribusioan obat, pelayanan obat atas resep doketer, pelayanan informasi obat serta pengembangan obat, bahan obat dan obat tradisional harus dilakukan oleh tenaga kesehatan yang mempunyai keahlian dan kewenangan sesuai dengan peraturan perundang-undangan.

Dokumentasi Legal Praktik Apoteker :

GeMa Cermat

GeMa Cermat

Tinggalkan Balasan