Yayasan Rahmatan Lil Alamin Jakarta Timur Mewujudkan Komitmen Beragama dan Berbangsa


Yayasan Rahmatan Lil Alamin Jakarta Timur Mewujudkan Komitmen Beragama dan Berbangsa

Oleh M.Sobari

 

Islam Rahmatan Lil-Alamin sesungguhnya tidak lain adalah Islam yang menjunjung tinggi hak-hak asasi manusia. Islam mewajibkan umatnya untuk menghargai manusia dan kemanusiannya, sebagaimana ditegaskan didalam Al Quran : Walaqad karramna bani Adam...( Allah memuliahkan anak cucu Adam /QS as Isra 17:70).

 

Sedikit kata pembuka dari tulisan saya ini agar kita lebih mengenal apa itu Rahmatan Lil-Alamin yang tentunya kita ingin mengenal lebih jauh tentang Yayasan Rahmatan Lil-Alamin Jakarta Timur (YRLA). Pada hari Minggu (11/4) saya bersama teman-teman dari Sahabat TDB (taudariblogger.info) yang di koordinatorkan oleh M.Hatta bersama Team Media Doeta Indonesia hadir pada peringatan Isra Miraj Nabi Muhamad SAW 1439 H dan Tasyakuran Milad YRLA ke-13. Ini merupakan even rutin yang dilaksanakan oleh Yayasan Rahmatan Lil-Alamin Jakarta Timur sebagai wujud beragama dan berbangsa.

 

Yayasan Rahmatan Lil-Alamin Jakarta Timur berdiri sejak 8 April 2005, bergerak di bidang sosial kemanusiaan dan keagamaan. Yayasan ini fokus pada bantuan kesejahteraan sosial dan santunan untuk anak yatim dan dhuafa. Berada di daerah Pondok Kelapa tapatnya di Jl. H. Naman No.60, Pondok Kelapa, Jakarta Timur. Ada 7 cabang binaan yang tersebar di 7 wilayah Jabodetabek antara lain,

  1. Tambelang – Bekasi
  2. Karawang
  3. Jonggol, Kabupaten Bogor
  4. Kedung Halang, Kota Bogor
  5. Rajek, Tangerang
  6. Cibubur, Jakarta Timur
  7. Pondok Kelapa, Jakarta Timur

Yayasan ini memiliki anak binaan berjumlah 400 anak yatim yang berasal dari daerah atau desa terpencil dan juga memiliki 244 kaum dhuafa.

 

Kami Blogger diantaranya Saya Sobari, Eddi, Warisman, Sumiyati, Erika dan Said telah hadir sesuai waktu acara pada jam 8.00 Pagi yang  berlokasi di Gedung Balai Latihan Kesenian Jakarta Timur,  Jl. H. Naman No.17, Pondok Kelapa, Duren Sawit, Jakarta Timur. Tentunya ini merupakan kebahagian tersendiri bagi saya ternyata kita dapat turut serta mensyiarkan Islam melalui media sosial di acara ini yang bertemakan “Dengan Peringatan Isra Miraj, Kita Tingkatkan Nilai Kebaikan Dengan Mewujudkan Yatim Prestasi Menuju Generasi Emas Kreatif dan Inspiratif” dengan hastag #RumahSakitYatim dan #UltahYRLA

 

Kami diberikan kesempatan untuk mewawancarai Ketua Yayasan Rahmatan Lil-Alamin Jakarta Timur (YRLA), Erin Hendrian, SH, MM sebelum beliau memberikan sambutannya di hadapan ratusan anak-anak yatim dan dhuafa, para donatur dan pejabat setempat. Menurutnya even ini dilaksanakan sebagai wujud kepedulian kepada sesama khususnya anak  yatim dan juga bentuk pertanggungjawaban kepada donatur yang telah memberikan amanah berdonasi kepada yayasan.

 

Berbagai kegiatan  dilakukan dalam kegiatan ini antara lain, Baksos (Bakti Sosial) seperti santunan anak yatim, cek kesehatan dan pengobatan gratis kepada anak-anak yatim serta pentas kreativitas seni anak yatim dan binaan dan juga pemberian hadiah tabungan pendidikan bagi yang berprestasi. Karena sebelum acara ini diselenggarakan perlombaan antar cabang dan wilayah binaan yayasan dengan kategori lomba antara lain, Lomba Adzan, Lomba Qiroah, Lomba Tahfidz Al Quran, Lomba Kaligrafi, Lomba Doa, Lomba Pidato 3 bahasa (Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris dan Bahasa Arab), Lomba Melukis, Lomba Puisi, Lomba Desain Grafis, Lomba Seni Suara/Vocal dan Lomba Stand Up Comedy.

 

Ada program besar selanjutnya kata Erian, adalah mewujudkan kegiatan ekonomi (usaha) yatim dan mewujudkan Rumah Sakit Yatim dan Dhuafa yang di dukung oleh program Wakaf Tunai Kolektif ditambah bantuan dari berbagai pihak. Selain itu Yayasan juga sedang menjalankan program nyata dalam bidang kesejateraan sosial seperti orang tua asuh dan beasiswa pendidikan.

 

Selain itu ada program lainnya untuk jangka panjang yaitu  Kampung Harapan. Adalah sebuah tempat atau area terpadu yang terintegrasi dengan berbagai lembaga yang di dalamnya diantaranya lembaga pendidikan, balai kesehatan, gedung pertemuan, sarana ibadah, pertanian terpadu, asrama yatim piatu dan fasilitas pendukung lainnya yang akan menjadi HARAPAN bagi semua anak yatim.

 

Terkait dalam peringatan Isra Miraj ini, pembawa acara yang terdiri dari  tiga orang diantaranya adalah M. Adrian menyampaikan bahwa “Optimislah orang yang baik mengerjakan amal shaleh akan diberikan kehidupan di dunia yang lebih baik juga apalagi di akhirat.” Tentunya ini menjadi bekal buat kita semua untuk dapat lebih optimis untuk menghadapi masa depan. Diteruskan dengan rangkaian acara-acara yang  menarik yang dipersembahkan oleh anak-nak yatim dan binaan. Ada yang menarik bagi saya adalah lantunan lagu Assalamu’alaika Ya Rosulallah, yang dinyanyikan dengan baik dan juga tarian nusantara yang merupakan persembahan sanggar seni binaan yang merangkum tarian dari berbagai daerah di Indonesia.

 

Terkait dengan peringatan Isra Miraj, Erin Hendrian memaparkan tentang kewajiban sholat tidak hanya ditafsirkan sebagai kewajiban yang sifatnya ritual individul semata, tetapi juga sebagai wahana transportasi sosial untuk mencegah kemungkaran. Menurutnya ada 2 etape yakni Etape Horizontal dari Masjidil Haram di Mekah ke Masjidil Aqsa di Palestina dan Etape Vertikal dari Masjidil Aqsa ke Sidratul Muntaha di langit ketujuh.

 

Mengakhiri sambutan yang terakhir pada jam 13.00 adalah Ceramah Agama oleh ,   H.A. Ilyas Ismail , MA menyampaikan pesan kepada kita semua bahwa, “Santri-santri yatim Yayasan Rahmatan Lil-Alamin harus berilmu dan ini tugas berat bagi kaum muslimah semua.”  Inilah pesan yang di sampaikan agar kita semua dapat turut serta membahagiakan anak yatim dan kaum dhuafa. Selalu dianjurkan untuk menyantuni anak yatim. Itu amalah yang sangat berharga, doa anak yatim dijawan oleh Allah SWT.

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Anda dapat menggunakan tag dan atribut HTML: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>