PT Sarinah (Persero) Turut Serta Pada Trade Expo Indonesia (TEI) 2017 di ICE BSD, Tangerang Selatan – Banten.


PT Sarinah (Persero) Turut Serta Pada Trade Expo Indonesia (TEI) 2017 di ICE BSD, Tangerang Selatan – Banten.

Sekitar jam 8.00 setelah menempuh perjalanan menggunakan KRL (Kereta Rel Listrik) dari Stasiun Kebayoran menuju Stasiun Rawa Buntu. Saya melanjutkan perjalanan dengan menggunakan Ojek Online yang sebelumnya sudah dipesan, sehingga turun KRL langsung segera melanjutkan tujuan ke Trade Expo Indonesia (TEI) 2017 yang berada di Indonesia Convention Exhibition (ICE) BSD City.

Dirut PT Sarinah (Persero) Ngurah

Dirut PT Sarinah (Persero) Gusti Ngurah Putu Sugiarta Yasa

Bersama dengan Direktur Utama PT Sarinah (Persero) Gusti Ngurah Putu Sugiarta Yasa, saya turut mengantri di pintu masuk yang saat itu padat sekali karena perlu diperiksa barang bawaan kita dan juga melalui metal ditektor. Setelah itu menuju ke Nusantara Room yang berada persis di depan pintu masuk dimana acara peresmian pembukaan Trade Expo Indonesia ke 32 Tahun 2017 oleh Presiden Republik Indonesia.

Presiden RI Joko Widodo

Presiden RI Joko Widodo

Pameran dagang skala Internasional terbesar di Indonesia, Trade Expo Indonesia (TEI) 2017 resmi dibuka Presiden RI Joko Widodo hari Rabu (11/10) di Indonesia Convention Exhibition Bumi Serpong Damai (ICE BSD), Tangerang, Banten. Dengan mengusung tema “Global Partner for Sustainable Resource” Menteri Perdagangan Enggartiasto Lukito yakin Indonesia telah siap menjadi mitra penyedia sumber daya yang berkesinambunngan bagi pelaku usaha dunia, yang ingin semakin menancapkan kuku di kancah perdagangan global.

Mendag RI

Mendag RI Enggartiasto Lukito

TEI 2017 digelar selama lima hari, yaitu pada 11-15 Oktober 2017. Menurut Mendag, panitia TEI telah menjadwalkan sekitar 33 penandatanganan kontrak dagang buying mission selama TEI berlangsung kontrak dagang berasal dari Arab Saudi, Malaysia, Mesir, Australia, Thailand, India, Brazil, Inggris dan Amerika Serikat.

Seperti apa sih suasana saat kehadiran Presiden RI Joko Widodo. Pastinya suasana tegang menjadi cair. Setelah menyanyikan lagu Indonesia Raya dan
diikuti oleh semua hadirin yang merupakan tamu undangan. TEI 2017 menempati lahan pameran seluas 15.000 meter persegi, cukup untuk menampung peserta pameran yang mencapai 1.089 perusahaan nasional. Dalam pidatonya dengan sangat santai tapi serius, Joko Widodo sempat memberikan candaan kepada Gubernur Banten Wahidin Halim, “Saya telah melengkapi nama Banten sesuai pesan Pak Gubernur, saat penyampaian lokasi pameran ini.” Sambil di bales senyuman dan tepuk tangan para tamu undangan.¬† Menurut Presiden, saat ini terus terjadi kenaikan nilai perdagangan dalam 3 tahun ini dan akan terus naik.

Perkiraan total nilai kontrak dagang adalah sekitar USD. 223,23 juta. Untuk penandatanganan hari pertama, kontrak dagang tercatat senilai USD 16,07 juta. Pada hari kedua, kontrak dagang membukukan nilai transaksi USD 154,82 juta. Sementara itu, pada hari ketiga perkiraan nilai kontrak sebesar USD 47,25 juta dan pada hari keempat USD 5,10 juta. “Nilai ini tentunya akan terus bertambah pada saat penyelenggaraan, bahkan setelah TEI.” ujar Mendag saat menyampaikan pidatonya.

Suasana TEI 2017 di Hall 5 ICE BSD

Suasana TEI 2017 di Hall 5 ICE BSD

PT Sarinah (Persero) yang merupakan salah satu BUMN turut serta membuka pameran yang berada di Hall 5, khusus untuk Strategic Industries, BUMN Goes Export. Dimana ada tujuh zonasi di area TEI 2017 untuk mempermudah buyer menemukan produk yang diminati. Diantaranya, Pangan Nusa di Hall 1; Furniture and Furnished di Hall 2 dan 3; Premium Producers, Kementerian, dan Lembaga di Hall 3A; Manufacturing Products and Services di Hall 6 dan 7; Foods and Beverages Products di Hall 8 dan 9; Provincial Premium Products di Hall 10.

Stand Sarinah di Hall 5-88

Stand Sarinah di Hall 5-88

Hari Kami (12/10) sudah di buka untuk umum. Pengunjung yang ingin melihat dapat menuju ke bagian registrasi untuk pendataan dan pastinya free. Untuk menuju ke lokasi dengan kendaraan umum tidak begitu sulit hanya saja untuk menggunakan moda transportasi seperti KRL di Stasiun Rawa Buntu atau Stasiun Cisauk atau juga bisa menggunakan bus Transjakarta yang berada di Giant, BSD. Lalu selanjutnya saya menggunakan kendaraan online (ojek online) untuk menuju lokasi.

TEI merupakan ajang promosi tahunan berskala internasional yang menampilkan produk dan jasa Indonesia berorientasi pasar ekspor. Pada tahun ini TEI merupakan yang ke 32 kalinya dilaksanakan pada 11-15 Oktober 2017 di Indonesia Convention Exhibition (ICE), Bumi Serpong Damai (BSD), Tangerang, Banten. Harapan saya agar pameran kali dapat memberikan keuntungan yang besar bagi penggiat bisnis baik swasta maupun BUMN.

DSC05817

Bersama CEO CIMG Niaga Tigor A. Siahaan

Bersama CEO CIMG Niaga Tigor A. Siahaan

www.darustation.com

www.darustation.com

Tinggalkan Balasan