DSC05398

Karnaval Batik Dan Vertical Catwalk Meramaikan Sarinah The Indonesia Emporium


Karnaval Batik dan Vertical Catwalk Meramaikan Sarinah The Indonesia Emporium.

Penulis : M.Sobari

 

Siapa sih yang tak kenal Jalan M.H.Thamrin di Jakarta Pusat, tentunya hampir semua orang mengetahui dan melewatinya. Tapi ada yang perlu kita ketahui dan harus mampir di salah satu ikonnya adalah Gedung Sarinah The Indonesia Emporium. Sebagai bangunan heritage yang bernilai sejarah, karena ini adalah salah satu Departemen Store atau Mall yang pertama di Jakarta. Diresmikan oleh Presiden Pertama RI Soekarno pada tahun 1963 dan nama Sarinah sendiri diambil dari nama pengasuh beliau sejak kecil serta perlu juga diketahui logo nya merupakan tulisan tangan asli Soekarno sendiri. Yuk….kembali lagi kita buka sejarah bangsa kita.

1506340574014

Bebegig Peserta Karnaval Batik dari Ban

Bebegig Peserta Karnaval Batik dari Ban

Kali ini saya mendapatkan amanah untuk menjadi Koordinator buzzer dan media online untuk PT Sarinah (Persero) di acara Karnaval Batik dan Vertical Catwalk pada Minggu, 1 Oktober 2017. Tentunya ini menjadi penting agar masyarakat lebih mengenal aktivitas Sarinah di media sosial yang pada masa sekarang ini perannya sangat penting sekali dengan informasi langsung melalui live tweet dan live instagram. Sebelum 7.30 WIB saya sudah berada di lokasi areal parkir Sarinah, sebelumnya saya melihat beberapa kegiatan di antaranya perayaan Hari Kopi Internasional. Waaahh….pantesan CFD (Car Free Day) kali ini sangat beda sekali dan sangat seru dengan keramaian dan kemeriahannya.

 

Presiden RI Ke-6 Susilo Bambang Yudoyono dan Ibu Yudoyono (Doc.M.Sob)

Presiden RI Ke-6 Susilo Bambang Yudhoyono dan Ibu Ani Yudhoyono (Doc.M.Sob)

Sejak jam 6.00 pagi di mulai dari Grand Hotel Sahid Jaya sudah siap dengan parade karnaval batik yang akan berjalan menuju Bundaran HI selanjutnya menuju ke Gedung Sarinah. Dalam kesempatan ini ada tamu yang sangat istimewa sekali yakni kehadiran Presiden RI ke 6 Susilo Bambang Yudhoyono beserta Ibu Ani Yudhoyono. Parade karnaval batik diikuti dari berbagai lapisan masyarakat dengan mengenakan batik dan juga berbagai pakaian kreasi tradisional lainnya. Juga ikut serta peserta dari PMI (Palang Merah Indonesia) yang hadir juga Ketua Harian PMI Ginandjar Kartasasmita.

 

Dirut PT Sarinah (Persero) Gusti Ngurah Putu Sugiarta Yasa dan Ketua Harian PMI Pusat Ginandjar Kartasasmita

Dirut PT Sarinah (Persero) Gusti Ngurah Putu Sugiarta Yasa dan Ketua Harian PMI Pusat Ginandjar Kartasasmita (Foto. M.Sob)

Sambil menunggu peserta parade karnaval batik tiba di lokasi acara peringatan Hari Batik Nasional 2017, para hadirin dan juga masyarakat yang sedang berolahraga di CFD Thamrin menyaksikan sajian musik Keroncong dan atraksi “Batique Extreeme Catwalk”. Menurut Humas HBN (Hari Batik Nasional) Lila H. Cokronagoro bahwa peragaan busana dengan turun berjalan vertikal di ketinggian 80 meter dari puncak Gedung Sarinah dilakukan oleh tiga komunitas pemanjat tebing antara lain, Indonesia Green Ranger, STT PLN dan Universitas Bung Karno dan ini merupakan yang pertama kalinya dengan memperagakan brand-brand batik terkenal dari Obin House Boutique, Danarhadi, Parang Kencana, BI serta Galeri Batik Jawa. Acara juga dihadiri Ketua Umum Yayasan Batik Indonesia Jultin Ginandjar Kartasasmita, Direktur Industri Kecil dan Menengah Kimia, Sandang, Aneka dan Kerajinan, Kementerian Perindustrian E.Ratna Utarianingrum, serta Deputi Bidang Pengembangan Pemasaran Pariwisata Nusantara, Kementerian Pariwisata Esthy Reko Astuti. Dalam kesempatan ini Direktur Utama PT Sarinah (Persero) Gusti Ngurah Putu Sugiarta Yasa menyampaikan bahwa, “Sarinah sebagai pelopor retail Indonesia turut mendorong generasi muda untuk mencintai warisan adhiluhung dari nenek moyang bangsa Indonesia.”

 

Kegiatan di Gedung Sarinah dapat di saksikan melalui website www.sarinah.co.id dan media sosial resmi PT Sarinah (Persero) yang bekerjasama dengan Komunitas Blogger Sahabat TDB (www.taudariblogger.info).

Screenshot_2017-10-02-19-25-59_com.twitter.android_1506952606644[1]

dan juga dapat melihat kembali melalui media online yang ikut serta berpartisipasi antara lain,

http://www.fokusindonesia.com/berita-4506-perayaan-hari-batik-nasional-di-sarinah-.html

http://suaraindonews.com/sarinah-the-indonesia-emporium-batique-extreeme-catwalk/

http://indonesiadaily.co.id/pelangi/sarinah-gelar-karnaval-batik-indonesia/

http://shnet.id/2017/10/01/10-model-lakukan-extreem-catwalk-di-hari-batik-nasional/

https://porosjakarta.com/2017/10/02/keren-10-model-catwalk-di-dinding-gedung-sarinah/

http://triwarta.com/2017/10/02/keren-10-model-lakukan-extrem-catwalk-di-dinding-gedung-sarinah/

http://guritanews.com/peragaan-busana-vertikal-dari-ketinggian-80-meter-gedung-sarinah-thamrin/

http://www.wartabuana.com/read/62071-hari-batik-nasional-gelar-catwalk-di-dinding-gedung-sarinah.html

Artikel Blogger TDB,

https://hattamksr.blogspot.co.id/2017/10/pesta-batik-indonesia-upaya-sarinah.html?m=1

Dan juga secara pribadi saya mengucapkan terima kasih banyak untuk tetap bersinergi dan berkolaborasi untuk memajukan BUMN di Indonesia.

Video Yayasan Batik Indonesia,

https://m.youtube.com/watch?v=l76Oxj1E4qs http://kabar-kini.com/news/berita-4090-yayasan-batik-indonesia-gelar-peragaan-busana-di-dinding-gedung-sarinah.html

 

Tinggalkan Balasan