Foto Bersama di Lobby Hotel Allium Tangerang

Belajar Smartphone Videography di Hotel Allium Tangerang


Belajar Smartphone Videography di Hotel Allium Tangerang

 

Sejak awal jumpa Mas Teguh Sudarisman, ketika berada di sebuah JPO (Jembatan Penyebarangan Orang) di kawasan Karet Setiabudi. Asyik sekali menshooting objek kendaraan yang melintas di Jalan Jend. Sudirman, Jakarta. Suasana sore yang cerah tentunya tepat sekali meliputi kesibukkan lalu lalang kendaraan. Sempat saya memotong keseriusan Mas Teguh sambil kita mengobrol santai sejenak. Namun karena waktu mendekati jam 17.00 sore, saya harus hadir segera di acara Start Up Digital di Gedung Sampoerna Strategic, Karet Belakang yakni acara rutin setiap hari jumat sore. Tapi masih terasa sekali penasaran membuat video melalui smartphone android yang dilakukan oleh Mas Teguh.

Memang rezeki sekali, ternyata Tuhan YME mendengar doa teman-teman di Sahabat TDB (taudariblogger) yakni sebuah WhatsApp Group yang terdiri dari sebagian besar para blogger, media, praktisi dan lain-lainnya.  Akhirnya Pucuk dicinta ulam tiba”Mendapatkan sesuatu yang lebih daripada apa yang diharapkan/dicita-citakan.” Mas Teguh memberikan kesempatan kepada beberapa orang dari Sahabat TDB untuk dapat mengikuti Workshop Smartphone Videography pada sekitar bulan Februari 2017 yang lalu dan sesuai rencana yang akan di selenggarakan pada hari Sabtu, 4 Maret 2017 di Hotel Allium Tangerang, Jalan Benteng Betawi No.88, Kota Tangerang.

Lokasi Hotel Allium Tangerang sangat strategis sekali. Kenapa saya bilang seperti itu ? Karena lokasinya hanya 200 meter dari Stasiun dan Terminal Batu Ceper, Tangerang. Heeeaah..karena saya pencinta transportasi publik ..yaahh tentunya KRL (Kereta Rel Listrik) menjadi pilihan karena murah, meriah dan pastinya santai serta aman dan juga di pertengahan tahun 2017 akan hadir KRL Bandara Soekarno Hatta. Padahal setelah di lihat lokasinya lebih dekat ternyata ada Angkutan Kota Roda Niaga atau biasanya disebut Angkot Roni berwarna hijau yang menghubungi rute Muncul, Serpong hingga Kalideres, Jakarta Barat. Pastinya melewati Kota Tangerang persis sekali di depan jalan raya keberadaan Hotel Allium Tangerang. Jadi sebenarnya tidak perlu kuatir sekali dan juga hotel ini berada di Perumahan Royal. Jangan heran yaa karena hanya 200 meter, saya berjalan kaki dari stasiun menuju hotel. Lumayan kan…dapat olah raga pagi  dan sampai di lokasi jam 08.15 WIB.

Pembukaan Workshop Smartphone Videography

Pembukaan Workshop Smartphone Videography

Keramah tamahan petugas Hotel Allium Tangerang, sangat terlihat sekali, ketika saya memasuki pintu depan dengan senyum sopan mempersilahkan saya masuk dan kemudian di lobby hotel, seorang petugas langsung menyambut saya dan menanyakan sesuatu yang dapat di bantu olehnya. Setelah saya katakan Workshop Smartphone Videography, langsung saja petugas tersebut mengarahkan ke sebuah lift untuk menaiki ke lantai 2 selanjutnya langsung di sambut kembali oleh petugas yang ada dan menunjukkan ke salah satu ruang meeting, karena ada beberapa ruang meeting yang juga sama-sama sedang digunakan juga. Lokasi lantai 2 ini  dilengkapi sebuah mushola dan juga tersedia toilet pada bagian pojok dan juga ada tangga darurat dan lift pada sisi tertentunya.

Masuk ruang meeting yang sudah hadir beberapa orang dari total semuanya 15 peserta dan saya sebelumnya bersalaman dengan beberapa peserta dan juga Mas Teguh, yang telah hadir lebih dahulu sekitar jam 07.30 dari rumahnya di sekitar Jakarta Timur. Saya berkenalan beberapa teman-teman yang duduk di depan dan samping saya. Setelah itu acara di mulai tepat jam 09.00 dan dibuka oleh pihak penyelenggaraa dan kita semua menjadi lebih mengenal Teguh Sudarisman, seorang lulusan Teknik Kimia Universitas Diponegoro (Undip) Tahun 1993. Ternyata dunia ini tidak seharusnya orang ahli dalam bidang yang dipelajari, ternyata hobbi dan bakat yang ditekuni sehingga menjadi Founder Penulis Pengelana & VloggerID, Editor in Chief TGIF Magazine, dan Editor in Chief KALSTAR Inflight Magazine.

Yuk...Belajar bersama Mas Teguh Sudarisman

Yuk…Belajar bersama Mas Teguh Sudarisman

Yuk kita mulai belajar…. Mengapa video pendek ? Rata-rata rentang perhatian manusia hanya 8.25 detik. Bagaimana dengan video pendek ? 1 menit terlalu singkat, 5 menit terlalu lama yang ideal 2-3 menit. Jadi 1 short 5 detik menjadi 3 menit dan 12 short permenit dikalikan 3 menit menjadi 36 short. Mari kita mulai perhatikan yang akan di paparkan oleh Mas Teguh.

10 Langkah Membuat Video.

1. Ask Yourself : Apakah Saya memamh perlu belajar membuat dan mengedit video.

2. Menyiapkan perangkat keras/alat-alat untuk syut maupun edit

3. Menyiapkan perangkat lunak/aplikasi untuk syot maupun edit.

4. Mempelajari perangkat keras dan lunak tersebut.

5. Mempelajari konsep dan teknik syuting

6. Merencanakan liputan

7. Melakulan syut

8. Melakukan editing

9. Update Youtube dan atau channel video lain.

10. Sharing dan promosi.

 

Ada beberapa tripod yang dapat dimanfaatkan untuk membuat video dari smartphone ini, pastinya kreativitas kita sangat di utamakan sekali. Seperti yang dilakukan Mas Teguh dengan memanfaatkan timer memasak yang bisa berputar 360 derajat dengan di bubut agar dapat di buatkan dratnya dan tersambung di tripod.

Perhatikan juga keunggulan dan kelemahan jika kita menggunakan smartphone.

Keuntungan merekam video dengan smartphone,

– Ringan, Ringkas

– Murah

– Selalu ada di tangan

– Kemampuan rekam sudah Full HD

– Suara stereo

– Dengan aplikasi tertentu (misal VideoCam+) bisa zoom digital

– Bisa lamgsung edit dan upload

– Timelapse lebih mudah

Kelemahan.

– Sensor lebih kecil sehingga kualitas video mungkin tidak sebagus dari DSLR/mirrorless

– Sering hunting fokus jika syut objek bergerak pada DSLR – gak bisa bokeh

– Bukaan diafragma lemsa selalu tetap

– Noisy saat kondisi minim cahaya (makanya perlu lampu LED)

– Kualitas microphone kurang bagus

Supaya video lebih terasa hidup, perlu kita siapkan musik latar agar terasa sekali keadaan yang sesuai situasinya. Menyiapkan database musik latar, Youtube, Bensound.com, FreeMusicArchive.Org, JoshWoodWard.Com, FreeSoundtrackMusicc.com, Incompetech.com

Agar lebih bisa dipersiapkan adalah tempat untuk belajar dan juga merencanakan liputan. Yuk…perhatikan di bawah ini,

– Mencari cerita – dengerin musik latar dulu

– Mencari informaai tentang subjek yang akan di syut

– Membuat skenario

– Menentukan setting/lokasi

– Mencari aktor dan aktris

– Alat & props apa yang mesti disiapkan

– Menghitung biaya

 

Untuk bisa sekaligus mempraktekkan video kita semua di pandu oleh pihak hotel berkeliling dan dibagi menjadi dua kelompok agar tidak terlihat penuh dan video yang di hasilkan menjadi baik dari mulai depan hotel, kolam renang, lobby, restauran dan kamar. Semua sangat indah nilai-nilai arsiteknya, konon kabarnya di rancang oleh aristek kita yang juga Walikota Bandung, Ridwan Kamil. Beberapa yang sangat unik sekali bisa kita perhatikan seperti suasana pencahayaan lobby dan Paris-Lyon Cafe

Foto Bersama Peserta Workshop Smartphone Videography

Foto Bersama Peserta Workshop Smartphone Videography

Mulailah setelah makan siang kita kembali ke ruang meeting di lantai 2 untuk mempraktekkan dengan melakukan editing terlebih dahulu dan sebelumnya kita dowload aplikasi Power Director. Pelajaran yang sangat bermanfaat sekali dengan santai tapi serius dari Mas Teguh, terus menerus mengajarkan tiap langkah demi langkah agar hasil di capai pada hari ini maksimal. Tidak lupa juga kita disarankan hasil untuk di kirim ke Instagram dengan hastag #WorkshopSmartphoneVideography #TravelXpose #AlliumTangerangHotel #ParisLyon #SamaliHotel mention ke @travelexposemagz @alliumtangeranghotel

Ternyata hasilnya di lombakan dari 15 peserta yang berhasil membuat video 13 peserta dan di nilai langsung oleh Mas Teguh akhirnya terpilih 4 peserta sebagai juara pertama, kedua, ketiga dan keempat. Pastinya semua sudah sangat paham sekali mempraktekkannya dan harus terus belajar. Tidak lupa saya mengucapkan terima kasih kepada Mas Teguh Sudarisman atas undangannya dan juga kepada pihak manajemen Hotel Allium Tangerang, Paris-Lyon Cafe dan juga kepada majalah TravelXpose. Sukses selalu buat kita semua. Jangan lupa saksikan youtube saya di bawah ini,

https://youtu.be/pz9hv_cUgG4

 

Foto Bersama di Lobby Hotel Allium Tangerang ( Foto : Ikung Adiwar )

Foto Bersama di Lobby Hotel Allium Tangerang ( Foto : Ikung Adiwar )

 

Tinggalkan Balasan