Foto Doc. TDB

Mau Tau Tentang PT Railink ? Yuk..Bersama Tau Dari Blogger (TDB)


Mau Tau Tentang PT Railink ? Yuk..Bersama Tau Dari Blogger (TDB)

Beberapa hari yang lalu Mba Diah Suryandari selaku Jr. Manager Marketing Communication PT Railink menghubungi saya untuk berkoordinasikan kehadiran Komunitas Blogger Indonesia TDB ( taudariblogger ) untuk bertemu pada hari Senin (15/8). Tentunya bagi saya sendiri sudah beberapa kali datang ke PT Railink yang berada di Gedung JRC (Jakarta Railways Center), Jalan Juanda 1B No.8. Letaknya tidak begitu jauh dari Stasiun Juanda. Tapi sayang sekali masih banyak orang di sekitarnya yang tidak mengenal kantor Kereta Api Bandara. Tentunya inilah yang harus di sosialisasikan bersama oleh blogger TDB ( taudariblogger ).

PT Railink yang merupakan operator Kereta Api Bandara yang pertama di Bandara Kualanamu, Medan di provinsi Sumatera Utara yang beroperasi sejak Juli 2013. Kedepannya Kereta Api Bandara juga akan melayani beberapa bandara yang ada di beberapa kota di Indonesia. Namun kali ini kita akan bahas adalah Kereta Api Bandara Soekarno.Hatta, Cengkareng, Kab. Tangerang, Banten.

Waktu pertemuan yang di adakan pada tepat jam 15.00 tetapi saya.masih berada di KRL dari Stasiun Serpong ke Stasiun Tanah Abang lalu transit menuju Stasiun Manggarai. Yaaa..masih harus selalu bersabar saat perjalanan ke Stasiun Manggarai yang merupakan stasiun transit terpadat lalu lintas keretanya. Ternyata kepadatan lalu lintas perjalanan KA di Stasiun Manggarai untuk KRL masuk dan keluar menjadi buah bibir yang terjadi saat ini. Tetapi rencananya akan di benahi dan akan di bangun stasiun bertingkat hingga tahun 2019.

Di awal pertemuaan ini di hadirkan langsung oleh Dirut PT Railink, Heru Kuswanto, Direktur Teknis & Operasional, PYMT Direktur Komersional, Porwanto Handry N dan VP Commercial Passanger & Hospitality, Mungky Indriati Pratiwi. Waahh….jadinya lengkap sekali untuk penjelasan dari berbagai sisi yang akan di kembangkan oleh PT Railink khususnya Bandara Soekarno Hatta. Dalam pemaparannya bersama Komunitas Blogger Indonesia TDB (Taudariblogger) bahwa Kereta Api Bandara adalah Kereta Api yang diperuntukkan khusus untuk penumpang dari dan ke Bandara. Kereta Api Bandara dikelola oleh PT Railink yang merupakan anak perusahaan dari PT Kereta Api Indonesia (Persero) dan PT Angkasa Pura ll (Persero), ujar Heru Kuswanto. Beliau termasuk orang yang mengagumi Iqnatius Jonan, mantan Dirut PT KAI dan mantan Menhub RI termasuk saya pribadi, karena jasanyalah lintas barat menuju Rangkasbitung, menjadi lintas yang sangat diperhatikan perkembangannya termasuk Stasiun Daru, yang pernah menjadi ajang penblokiran Kereta Api pada tahun 2011.

Memang Kereta Api Bandara menjadi pilihan buat masyarakat di samping adanya moda transportasi lainnya. Pilihan ini hanya dapat dilayani oleh pemerintah melalui PT Railink. Saat sekarang ini sudah bertahap melakukan pembebasan lahan dan juga sudah dilakukannya pembangunan stasiun yakni Stasiun Batu Ceper dan Stasiun Sudirman Baru untuk melengkapi Kereta Api Bandara Soekarno Hatta. PT Railink saat ini mengelola dua stasiun yakni : Stasiun City Railway Station (CRS) di Medan dan Stasiun Airport Railway Station (ARS) di Kualanamu.

Di samping itu juga menurut Porwanto Handry N bahwa Kereta Api Bandara akan segera menyusul pembangunan sarana dan prasarana di Kota Padang, Palembang, Bandung, Yogyakarta, Makassar dan Denpasar. Artinya setia bandara kedepannya harus di lengkapi dengan Kereta Api Bandara sebagai penghubung ke pusat kota dan juga untuk mengurangi beban kendaraan mobil dan motor yang tidak dapat diimbangi oleh pertumbuhan jalan raya. Juga di jelaskan PT Railink memiliki beberapa channel distribusi penjuakan tiket diantaranya, Convinient store, Agen tiket dan Agen tiket online.

Memang waktu tak terasa sekali hampir mendekati adzan magrib sekitar jam 18.00 lewat akhirnya dan terselesaikan meskipun masih banyak yang ingin di jelaskan lebih rinci lagi. Semoga dalam pelaksanaannya untuk Kereta Api Bandara Soekarno Hatta yang diperkirakan Maret 2017, teman-teman Blogger TDB dapat turun serta menjadi yang pertama mencoba KA Bandara ini. Juga mendapatkan kejutan bahwa ada live tweet yang diperlombahan dengan hastag #KAbandaraARS di menangkan oleh Kak Uwan dan Kak Arisman. Dan dilanjutkan berfoto bersama. Kami berharap kunjungan ini dapat dilakukan kembali dan dapat mengetahui progress selanjutnya. Semoga melalui kunjungan Tau Dari Blogger (TDB) menjadikan kita semua dapat mengetahui kemajuan PT Railink Kereta Bandara di Indonesia.

M.Sobari dan PT Railink

M.Sobari dan PT Railink

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Anda dapat menggunakan tag dan atribut HTML: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>