12717396_335247093266414_793399005248552766_n

Menggapai Harapan Bersama Di TDB Sarasehan #2


Untuk yang ke-2 kali ini Manajemen TDB (Tau Dari Blogger) menggelar acara Sarasehan. Sebuah wadah untuk bersama-sama anak bangsa saling peduli dan membangun masa depan Indonesia. Pada hari Sabtu (20/2) diselenggarakan di tempat yang sama di Gedung PMI di Jalan Kramat Raya. Sekitar jam 10.00 pagi ini, saya sudah sampai ke lokasi. Gedung PMI yang biasa menjadi bangunan yang dikenal untuk tempat donor darah menjadi sesuatu yang ramah dan akrab dengan kita semua.

Sarasehan antara blogger TDB dan PMI menjadi wadah untuk saling melengkapi. Kebanggaan kita menjadi bangsa yang besar adalah kita saling membantu dan melihat kelebihan serta kekurangan kita masing-masing. Mengusung tema Save and Care For Humanity. Menjadi sebuah cara untuk menyelamatkan dan peduli untuk kemanusian. Memang tema-tema yang kami sampaikan ke masyarakat menjadi sesuatu yang berbeda, sehingga menjadi nafas bahwa kita bersama dapat menciptakan manfaat yang lebih baik.

Persiapan yang dilakukan oleh Panitia TDB Sarasehan #2 tidaklah lebih dari sebulan karena sebelumnya, kami menyelenggarakan perdana Sarasehan #1 pada tanggal 10 Januari 2016. Tidak banyak tahu siapa yang menjadi penggerak kegiatan ini. Harapannya agar kita dapat merangkul seluruh lapis masyarakat dari berbagai tingkat pendidikan dan pekerjaan.

Dua Pelajar SMA Global Jaya dan Hydro Solar Project.

Berbagai ide selalu kami sampaikan kepada anggota TDB (Tau dari Blogger) agar menyampaikan kepada manajemen TDB. Karena tidak semua ide dapat di realisasikan dengan baik dan benar. Berawal dari obrolan di group whatsApp sahabat #TDB mengenai dua orang siswa pelajar di SMA Global Jaya, yang ingin mempublikasikan semua penemuan mengenai Hydro Solar Project yang dilakukan oleh David dan Dominic. Team Panitia TDB Sarasehan #2 menangkap bahwa harapan anak seusia pelajar ini, harus di fasilitasi oleh TDB sebagai aset bangsa dan negara. Dengan menguraikan visi dan misi serta maksud dan tujuannya, akhirnya ke-2 pelajaran ini melakukan presentasi di depan para peserta TDB Sarasehan #2.

David dan Dominic bersama Guru Pembimbing

David dan Dominic bersama Guru Pembimbing

Kebanggan pada kami, selaku manajemen TDB bahwa kita mampu memberikan kesempatan agar ke-2 pelajar ini menjelaskan dan menjawab pertanyaan-pertanyaan dari para peserta. Tidaklah dipungkiri lagi bahwa kita sesama anak bangsa haruslah jeli melihat sekitar kita. Kepedulian ke-2 pelajaran ini dengan memberikan metode baru bagi mengelolahan air bersih agar dapat dimanfaatkan bersama dengan bantuan energi matahari untuk daerah-daerah yang dikatagorikan masih miskin.

Satu jam lamanya mereka berdua berbicara didepan dengan tegas dan jelas. Sambil menatap bahwa kita bisa untuk lebih peduli dan lebih baik. Team Panitia TDB Sarasehan #2, senantiasa selalu mendampingi agar kepercayaan dirinya selalu tertanam. Orangtua dan guru pembimbing menyaksikan dengan haru, bahwa anak mereka yang sehari-hari dibimbing mendapatkan penghargaan yang terbaik dari TDB (Tau dari Blogger). Akhirnya kegiatan diakhiri dengan ISHOMA (istirahat sholat dan makan).

Cokelat Band dan I am Indonesian.

Sebuah kejutan yang datang kedua kalinya dan hadir pertama kali ke Gedung PMI, Kramat Raya adalah Manajemen Cokelat Band, Mas Ervan. Memang sebelumnya beliau mengabarkan kondisinya yang kurang baik. Namun karena merasa terikat dengan “Solidaritas Untuk Sesama” yang pada saat TDB Sarasehan #1 menjadi trending topic di media sosial. Inilah yang menurut Mas Ervan, sebagai kekuatan bersama untuk menyampaikan informasi melalui teknologi yang berkembang saat ini yang terus menerus maju. Manajemen TDB, senantiasa selalu menemani, kegiatan Cokelat Band, agar kita dapat memberikan kenyamanan kepada tamu spesial. Kami bercerita satu sama lain sebelum para personil lain hadir. Ruang Ketua PMI DKI Jakarta, Ibu Rini Sutyoso, menjadi tempat berkumpul.

Cokelat Band dan I am Indonesian

Cokelat Band dan I am Indonesian

Satu persatu personil Cokelat Band, hadir minus Erwin karena mengalami gangguan kesehatan. Jacklyn dan Rony akhirnya berkumpul bersama di ruang tamu dan kami menyediakan hidangan snack dan makan siang berupa nasi bakar. Saya sampaikan bahwa nasi bakar ini adalah karya teman kami di TDB. Karena kami ingin sekali mengeksplor kemampuan seluruh anggota TDB agar senantiasa percaya diri untuk bisa diterima dimana saja. Kehadiran juga disambut oleh team dones yang membranding I’am Indonesian. Sebuah T Shirt berwarna hitam ekslusive dengan gambar emas burung Garuda serta terdapat nomer seri yang menandakan bahwa ini adalah unlimited. Tampak dari belakang terdapat peta Kepulauan Indonesia dan sebuah peringatan “No Piracy” untuk mengkampayekan anti pembajakkan. Sebuah gerakan yang sungguh mulia dan sejalan dengan tema acara TDB Sarasehan #2. Cokelat Band mempersembahkan dua buah lagu sebagai bentuk Nasionalisme. Bahwa saatnya kita menghindari membeli barang bajakan yang sekarang justru terang terangan menjual di pusat perbelanjaan.

Sebelum mengisi sebagai nara sumber pada sesi 2. Para personil Cokelat Band dan manajemen sempat berbicara kepada ke-2 pelajar ini agar barang hasil penemuannya tidak disalahgunakan oleh pihak lain dan senantiasa memperhatikan hak paten. Mas Ervan, menyampaikan bahwa anak-anak Indonesia itu sangatlah pintar tapi sayang nilai penghargaannya kurang sekali. Dengan adanya TDB Sarasehan #2 inilah kita bisa mengangkat dan mengetahui bersama.

PMI dan Volunter Corporate Palang Merah Indonesia

PMI (Palang Merah Indonesia) tidak saja sebagai tempat untuk melakukan donor darah, tetapi perlu kita ketahui bahwa PMI dapat menjadi tempat dan sarana berbagai tindakkan untuk keadaan darurat dan bencana berskala nasional. Pada sesi ke-3 ini disampaikan Mba Rovie mengisi tentang materi sukarelawan PMI. Memang pada sesie ini saya tidak terfokus mendengarkan materinya, berhubung sebagai panitia acara, pastinya harus melayani peserta lainnya agar dapat terlayani dengan baik. Sebelum dan sesudah acara sebenarnya, saya sempat ngobrol dengan Mba Rovie, beliau berkata, bahwa acara Sarasehan ini sungguh baik dan dari awal dia perhatikan dengan materi pada sesie pertama dan sesie kedua tampak berbeda, namun sesungguhnya ada persamaan dan kaitannya dengan tema acara ini. Inilah yang membuat unik TDB Sarasehan. Peran kepedulian dan kemanusian akan selalu disampaikan oleh blogger yang tergabung dalam TDB (Tau dari Blogger) sehingga menjadikan ajang media publikasi buat kegiatan yang diadakan di Gedung PMI, Kramat Raya.

Volunter Corporate PMI

Volunter Corporate PMI

Peran sukarelawan PMI dari tingkat SD, SMP dan SMA melalui peran PMR (Palang Merah Remaja) dan kemudian pada tingkat selanjutnya adalah KSR (Kelompok Suka Rela). Memang keterbatasan tenaga sukarela pada saat kondisi darurat diperlukan banyak orang yang berperan terutama dikalangan profesional. Sehingga ada sebuah inisiatif dengan membagikan form Volunter Corporate Palang Merah Indonesia, untuk dibagikan dikalangan pekerja degan berbagai bidang usaha. Hal ini dimaksudkan agar saat terjadi keadaan darurat seluruh lapis masyarakat dapat turut membantu dengan keahliannya masing-masing. Harapan dari PMI agar peserta TDB dapat mengisi form tersebut dan dapat menyampaikan maksud dan tujuannya serta selanjutnya akan mendapat ID Card sukarelawan PMI.

Akhirnya waktu berakhir sekitar jam 3 sore dengan kesimpulan ada 3 sesie dengan 3 narasumber. Semoga kegiatan ini dapat menjadi buah bibir ke teman-teman lainnya bahwa blogger juga peduli dengan kemanusian. Panitia juga mengucapkan terima kasih kepada para sponsor acara seperti Sprindbed Central yang telah memberikan hadiah-hadiah kepada para peserta acara ini, dengan batal yang nyaman dan menyehatkan. Tidak lupa juga dari Pesona Indonesia yang telah berpartisipasi mendukung acara ini. Namun begitu juga para peserta lainnya dari TDB dan PMI yang juga telah memberikan hadiah-hadiah untuk di bagikan bersama kepada pesera lainnya. Inilah yang menjadi keunikkan kegiatan TDB Sarasehan.

Bahwa semua di mulai dari kita belajar untuk membuat sebuah kegiatan, agar setiap kegiatan yang dilakukan kita semua menjadi cara untuk menyampaikan hal-hal yang positif. Semoga teman-teman TDB dan PMI dapat terus mengemas acara berikut dengan tema-tema sosial kemasyarakatan dan peduli untuk kebersamaan. Panitia TDB Sarasehan #2 mengucapkan banyak-banyak terima kasih dan selanjutnya dapat mengikuti TDB Sarasehan #3 di Gedung PMI, Jakarta Timur pada tanggal 5 Maret 2016 dengan tema : Peduli Sosial dan Peran Showbiz. Yuks..kita siap-siap dan jangan lupa hadir, pastinya akan lebih seru…Sampai ketemu kembali. Salam

TDB Sarasehan #3

TDB Sarasehan #3

Tinggalkan Balasan