TDB Workshop

TDB #TauDariBlogger Workshop PMI Dan HOPE


Oleh. M.Sobari

Setelah hari Minggu (10/1) mengadakan TDB Sarasehan yang menjadi ajang berkumpulnya para blogger #TauDariBlogger yang merupakan kegiatan kumpul bareng bersama yang di adakan di Gedung PMI DKI Jakarta, Jalan Kramat Raya No.47, Jakarta Pusat. Menjadikan harapan agar tema ”Solidaritas Untuk Sesama”, menjadi kampaye kita untuk bersinergi dengan siapa pun untuk menyuarakan hal-hal positif kepada masyarakat. Sinergi dilakukan antara TDB, PMI, Pesona Indonesia dan Cokelat Band. Tentunya kegiatan TDB tidak berhenti di sini saja. Dilanjutkan ajang TDB Workshop pada hari Jum’at (15/1) yang memfasilitasi beberapa peserta yang berasal dari NutyLaraswatyProject, Relawan PMI dan TDB manajemen dengan total peserta hanya 20 orang.

Kegiatan TDB Sarasehan dan TDB Workshop merupakan dukungan penuh dari PMI DKI Jakarta untuk memberikan appresiasi kepada masyarakat agar memperkenalkan aktivitas PMI yang sesungguhnya. Tidak saja kegiatan donor darah yang terselenggara di sana. Banyak sekali program-program yang berhubungan dengan kemanusian dan tanggap darurat bersama. PMI dan TDB menjadi partner yang baik untuk bergerak bersama demi kemajuan dan perkembangan komunikasi dan informasi melalui media sosial yang saat ini sangat berkembang cepat di Indonesia.

TDB workshop di buka oleh Bapak Dodi dari Kabid Humas PMI DKI Jakarta yang dimoderatori oleh M.Muchtar pada jam 11.00 siang, serta dilanjutkan dengan pengenalan materi “Fotografi Dari HP” yang menjadi narasumber adalah Devi Novi dari NutyLaraswatyProject. Berhubung hari Jum’at, bagi yang pria melakukan sholat Jum’at di masjid yang berada di dua sisi Gedung PMI, Kramat. Tetunya acara ini mendapat dukungan partisipasi dari Yayasan Gelang Harapan (HOPE) yang memberikan 25 box makanan siang yang diantar langsung oleh Mba Inas dari HOPE.

Hari Rabu (12/1) Kami dari TDB melakukan diskusi di ruang meeting lantai 4 Gedung PMI yang dilakukan bersama dari pihak PMI dan Yayasan Gelang Harapan (HOPE) bersama Mba Dian dan Mba Trysia yang merupakan perwakilan dari Wulan Guritno yang sedan promosi film I am HOPE. Beberapa kesepakatan antara PMI dan TDB dapat disetujui bersama, namun dari HOPE masih banyak pertimbangan karena padatnya acara yang dilakukan oleh manejemen HOPE.

Setelah kembali sholat jum’at dan makan siang, dilanjutkan pada jam 2.00 siang ini dengan melanjutkan beberapa materi mengenai fotografi oleh Devi Novi. Setelah itu dengan praktek teori fotografi dan dilanjutkan dengan praktek foto langsung ke beberapa area di lantai satu, mulai di bagian ruang donor darah, pantry dan komponen darah. Peserta sangat antusias sekali bisa melihat langsung kegiatan-kegiatan PMI yang tidak pernah kita ketahui. Saatnya kita bersama mengenal aktivitas sesungguhnya di PMI. Semua pesera sangat puas sekali ikut serta dalam kegiatan TDB workshop ini.

Tetapi ada hal yang menarik dari TDB workshop ini adalah pemutaran trailer film I am HOPE yang akan launching pada tanggal 18 Februari 2016 dan dimoderasikan oleh M.Sobari. Film ini sangat berhubungan dengan kemanusian dimana menceritakan penderita kanker yang dikemas sangat menarik sekali dan di sutradari oleh Wulan Guritno dan didukung oleh Yayasan Gelang Harapan dengan melakukan penjualan gelang harapan (HOPE) seharga Rp.100.000 yang nantinya hasil penjualan akan dikembalikan untuk kegiatan sosial dan pembangunan fasilitas ruang kanker seperti di RSCM, Jakarta. Dalam waktu dekat pada hari Selasa (19/1) juga akan melakukan kunjungan bersama di Rumas Sakit Dharmais, untuk melihat langsung para penderita kanker yang sedang si rawat. Setelah itu peserta TDB workshop berkenan memberikan testimoni untuk gelangan harapan ini. Serta melakukan sesi “Fotografi Dari HP” dengan object gelang HOPE.

Disamping itu sebelum penutupan pihak PMI yang diwakili M.Muchtar memberikan penjelasan seputar kegiatan-kegiatan PMI yang berhubungan dengan proses donor darah dari pengelolahannya hingga terdistribusi ke pihak-pihak yang memerlukan. Proses inilah yang tidak pernah diketahui oleh masyarakat dan kecenderungan hanya beberapa bagian terluar saja yang diketahui. Tetapi saat ini semua peserta dapat lebih mengenalnya.

Waktu menunjukkan jam 4.00 sore, acara di tutup dengan harapan agar TDB workshop akan tetap rutin kita selenggarakan bersama antara PMI (Palang Merah Indonesia) DKI Jakarta dan TDB (Tau Dari Blogger). Terima kasih juga kami sampaikan kepada pihak-pihak yang telah turut bersinergi yakni NutyLaraswatyProject, HOPE dan Jakartakita.com sebagai media partner.

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Anda dapat menggunakan tag dan atribut HTML: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>