Foto Bersama

Blogger TDB Bersinergi Dengan PMI, Pesona Indonesia dan Cokelat Band


Oleh. M.Sobari

Dihari Minggu (3/1) pada pagi hari disaat Jalan Sudirman – Thamrin merupakan hari pertama CFD (Car Free Day) di Tahun 2016. Saya berencana janjian di sekitar Sarinah dan akhirnya dapat berkumpul di McDonald lantai atas. Memang tidak semua hasil obrolan kami bertiga yakni Saya, Kak Ikung dan Kang Nuty. Pembicaraan ringan hingga menjadi serius pada akhirnya. Akhirnya Kak Ikung dengan ide menarik agar diadakan sebuah acara obrol bareng atau diusulkan dengan nama sarasehan. Akhirnya Kak Nuty juga bersedia memberikan tema “Digital Marketing” inipun juga berawal dari ide percakapan di group whatsAp menjadi sebuah ide yang terealisasi. Akhirnya saya membersiapkan diri untuk membuat rencana-rencana selanjutnya.

Hari Senin (4/1) pagi saya menetapkah langkah-langkah selanjutnya dan bertemu Bapak Iqbal Alamsjah di Kementerian Pariwisata, RI pada Bagian Biro Humas dan Komunikasi. Lokasi yang berada di Jalan Merdekan hanya menggunakan busway TransJakarta dari Halte Gelora, Senayan menuju Monas. Setiba di kantornya akhirnya saya langsung menuju ke ruangannya. Dengan semangat Pesona Indonesia dan Woderful Indonesia akhirnya tercetus kata-kata sinergi yang saling berkaitan atas wisata dengan kemanusia dan UKM seperti yang pernah dicetuskan oleh Mba Nuty Laraswati. Dengan senangnya Pak Iqbal atau biasa disebut oleh saya adalah Om Billy karena ternyata gemar lagu-lagu Amerika Latin.

Selanjutnya pada siang harinya saya langsung menuju Kantor PMI, Kramat menggunakan bis tingkat parawisata yang dikelolah oleh Dishub DKI Jakarta yang berada di halte khusus depan Museum Nasional dan menikmati kenyamanan bis gratis yang diberikan Pemda DKI Jakarta untuk para turis wisatawan mancanegara dan wisatawan nusantara, tetapi tidak menutup kemungkinan dapat dipergunakan oleh pemda DKI dengan baik. Akhirnya berhenti di Halte Masjid Istiqlal dan melanjutkan melalui JPO (Jembatan Penyebrangan Orang) untuk melanjutkan TransJakarta menuju Halte Pal Putih dan sesampaikan di PMI, Kramat saya bertemu dengan Pak M.Muchtar, Humas PMI DKI Jakarta dan membicarakan perihal sinergi PMI dan Pesona Indonesia akhirnya menjadi kesimpulan untuk membuat tema, “Solidaritas Untuk Sesama”. Dengan demikian banyak ide dan harapan untuk mengembangan ide kreasi bersama blogger #TauDarBlogger. Juga saat yang bersamaan bertemulah dengan Mas Muji, seorang kreatif website yang juga akan mendukung pembuatan website portal #TauDariBlogger. Tentunya ini menjadi dukungan yang baik untuk tetap menjadi perhatian dan tantangan yang lebih baik.

Tidak hanya pagi dan siang, saya berusaha untuk merangkai kegiatan ini dengan mengajak berbagai pihak. Pada malam harinya, Kak Ikung dari media online www.jakartakita.com memberikan saya nomer kontak manajemen COKELAT Band agar turut mendukung kegiatan TDB sarasehan. Ini seperti sebuah keajaiban, Mas Ervan, manejer menyetujui untuk kegiatan bareng pada hari Minggu (10/1). Usaha terus menerus akhirnya dapat juga menyatukan berbagai sisi-sisi yang lain untuk saling bersatu padu.

Penggunaan aplikasi whatsApp untuk membuat group Panitia #TDBsarasehan menjadi sarana yang menjadi pelengkap untuk berkomunikasi kapanpun dan dimanapun. Saya dengan dukungan teman-teman TDB sarasehan akhirnya mendukung untuk pembagian tugas akhirnya dengan waktu cepat panitia terbentuk. Diantaranya Kang Muchtar, Kak Ikung, Mba Nuty, Mba Hermini, Ceu Liswanty, Mas Yanto dan saya sendiri Sobari. Kekuatan komunikasi inilah yang menjadikan kita tetap eksis bersama. Dengan waktu yang sangat singkat sekitar 5 hari, akhirnya dengan koordinasi yang baik dan saling pengertian menjadi bagian kepercayaan kita untuk membetuk sebuah kegiatan dari blooger, untuk blogger dan dimanfaatkan bersama blogger TDB #TauDariBlogger

Tema acara yang bertajuk “Solidaritas Untuk Bersama” menjadi geralan sinergi untuk menggerakkan kemajuan Indonesia di masa MEA (Masayarakat Ekonomi ASEAN) yang sudah tidak ada batas wilayah lagi bagi kegiatan bersama masyarakat ASEAN. Perlu kita masyarakat Indonesia untuk saling bersinergi akan tercipta kebersamaan yang baik dengan kreatifitas dan kesempatan anak negeri ini untuk tetap hadir di negeri sendiri. Tentunya saya meminta teman-teman yang bersinergi untuk berbagi medsos tweeter seperti TDB @TauDariBlogger, Pesona Indonesia @HumasKemenpar, Cokelat Band @CokelatBand, PMI @PMIDKIJakarta.

Pelaksaan acara di Hari Minggu (10/1) pada jam 12.00 – 16.00. Sesuai rencana berhasil dengan baik. Terlebih dahulu pihak panitia TDB Sarasehan, M.Muchtar selaku Panitia TDB sarasehan memberikan sambutan,harapan kami dengan terlaksananya Sarasehan ini akan menjadi langkah yang bermanfaat bagi kami untuk mewujudkan “Solidaritas Untuk Sesama” dan disusul oleh Pak Iqbal Alamsjah dari Pesona Indonesia dan dengan memberikan kata-kata sambutan yang selalu kita ingat oleh kita dengan mengucapkan Pesona Indonesia dan para hadirin Blogger TDB mengucapkan….”Wonderfull”…. Penuh semangat dan baik untuk memberikan informasi tentang Indonesia yang baik.

Sarasehan PMI Prov. DKI Jakarta dengan Blogger TDB (Tau Dari Blogger) ini, dengan moderator oleh Moh. Sobari, S.Kom, dibagi kedalam 3 sesi.

Pertama, mengenai Perlunya UU Kepalangmerahan, dengan pembicara Herman, S.Kom (Diseminator PMI), dalam materi yang disampaikan bahwa, penyalahgunaan lambang Palang Merah di Indonesia sampai saat ini masih banyak, karena semua pihak bebas mempergunakan lambang tersebut baik untuk kepentingan pribadi maupun untuk bisnis. Padahal, pengguna lambang Palang Merah yang berhak adalah Palang Merah Indonesia (PMI) dan Dinas Medis Militer TNI. Herman juga mengajak para blogger untuk mendukung “Pengesahan RUU Kepalangmerahan”, imbuhnya.

Sesi kedua, ini membahas Tahun 2016 Peran digital media mulai diperhitungkan, dengan pembicara Nuty Laraswaty (Digital Media Expert). dalam materi yang disampaikannya. “Tahun ini digital media menjadi satu sarana online terpadu yang sangat diperhitungkan, hal ini disebabkan karena dimana saja kita berada, digital media berperan besar dalam kehidupan sehari-hari,” Katanya.

Sesi ketiga, membahas Gerakan Kebersihan Pantai yang dilakukan oleh Cokelat Band bersama Kementerian Koordinator Maritin dan Sumber Daya Manusia (Kemenko Maritim & SDM). Perlunya kita berbuat untuk menjaga kebersihan di seluruh pantai di Indonesia. Citra kita jelek akibat buruknya kesadaran kita untuk selalu menjaga kebersihan. Pada kesempatan itu Cokelat Band mempersembahkan lagu Merah Putih untuk sahabat TDB.

Semangat dalam Solidaritas Untuk Bersama, ini menjadi sebuah gerakan buat TDB sarasehan berikutnya dengan memberikan kesadaran pentingnya kita semua untuk bersinergi. Diakhiri dengan foto bersama dengan Cokelat Band dan memberikan testimoni untuk kegiatan blogger TDB #TauDariBlooger. Pastinya blooger bisa bikin acara karena dari blogger, untuk bloogger dan bermanfaat buat blogger sahabat TDB #TauDariBlogger.

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Anda dapat menggunakan tag dan atribut HTML: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>