IMG-20151208-WA015

Sisi Humanis Komunitas PNPCL Dan PT KCJ Untuk Donor Darah Bersama PMI.


Seperti biasanya pada tahun-tahun sebelumnya PT KCJ (KAI Commuterline Jabodetabek) melakukan kegiatan donor darah bersama PMI (Palang Merah Indonesia). Namun kali ini PT KCJ menggandeng sebuah komunitas pengguna KCL untuk ikut serta dalam penyelenggaraan kegiatan donor darah yang diadakan di Kantor PT KCJ, Stasiun Juanda, Jakarta yang dilakukan pada tanggal 21 dan 22 Desember 2015 dimulai jam 08.00 – 11.00 wib.

Pendaftaran & Registrasi Donor Darah Dilakukan oleh PNPCL

Pendaftaran & Registrasi Donor Darah Dilakukan oleh PNPCL

PNPCL (Komunitas Penumpang Commuter Line) adalah sebuah komunitas pengguna CL yang anggotanya tersebar di Jabodetabek. Kegiatan yang sangat baik bagi kemanusiaan dengan juga melengkapi kegiatan sosial yang dilakukan oleh PMI (Palang Merah Indonesia) dalam melaksanakan dan mengumpulkan para pendonor darah. Pelaksanaan “A Drop For Live” menjadi sebuah kegiatan rutin yang pelaksanaannya dapat dilakukan bersama-sama. Pentingnya kebersaman dalam membangun masyarakat agar sadar untuk saling berbagi dan peduli.

Sebelum melakukan donor darah, untuk para peserta yang telah tercatat melakukan registrasi ulang yang dimaksudkan agar data-data kita dapat diketahui lebih lanjut oleh petugas PMI. Dengan mengisi sebuah form berwarna merah yang terdiri data-data pribadi dan riwayat kesehatan serta tanda tangan persetujuan untuk melakukan donor darah. Setelah itu diberikan nomor urut sebagai nomor registrasi. Pihak penyelenggara yang dilakukan anggota komunitas PNPCL memberikan snack berupa makanan dan minuman agar kita selalu dalam kondisi fit.

Pengecekkan HB dan Tensi Darah oleh Petugas PMI

Pengecekkan HB dan Tensi Darah oleh Petugas PMI

Setelah itu baru melakukan pengecekkan HB darah dan tensi agar sesuai kriteria untuk menjadi pendonor darah yang memenuhi syarat. Ada beberapa saran yang disampaikan oleh petugas PMI adalah berat badan yang ideal dan tidur yang cukup minimal 5 jam sebelumnya. Setelah itu menunggu saatnya untuk menanti antrian untuk donor darah. Petugas PMI pada bagian transfusi darah memanggil nama peserta yang telah siap dan saat itu saya termasuk dalam antrian yang dipanggil dan selanjutnya berbaring di tempat tidur yang tersedia dengan menyodorkan salah satu lengan. Barulah oleh petugas yang cekatan dan ramah menancapkan jarum di bagian urat nadi lengan saya. Darah segar dan sehat telah masuk ke kantong darah melalui selang kecil dan tertampunglah 300 cc dalam waktu 2 menit lamanya. Petugas menyarankan saya selalu santai dan jangan tegang serta memberikan saran untuk menunggu beberapa detik untuk berdiri saat selesai dicabut jarum dilengan saya.

Pelaksanaan Transfusi Darah oleh Petugas PMI

Pelaksanaan Transfusi Darah oleh Petugas PMI

Pencatatan dan pendataan oleh petugas PMI telah dilakukan melalui sistem online jaringan komputerisasi dan memberikan kartu donor darah dan beberapa multivitamin untuk menambah kesegaran tubuh kita pasca donor darah. Pastinya dengan donor darah kondisi kita selalu terkontrol sehingga akan menjauhi dari penyakit yang terkadang terjadi secara mendadak.

Bersama Komunitas PNPCL dan CLICKompasiana

Bersama Komunitas PNPCL dan CLICKompasiana

Terakhir saya menuju ke bagian administrasi yang dilakukan oleh staf PT KCJ untuk di registrasi yang sudah melakukan donor darah sehingga akan terdata keaktifan dan jumlah darah yang sudah terkumpul dengan kondisi baik dalam waktu yang sudah ditentukan. Inilah sisi humanis PT KCJ yang dilakukan secara bersama-sama dengan PNPCL dan PMI untuk selalu peduli dalam memperjuangan untuk kemanusian. “Bersama Kita Bisa Untuk Lebih Baik”.

 

Tinggalkan Balasan