DSC03951

Nilai Komitmen, Film Bulan Terbelah Di Langit Amerika


Penantian panjang saat menanti premier film Bulan Terbelah Di Langit Amerika, pada hari Selasa (15/12) terpenuhi juga oleh Maxima Pictures. Saya hadir lebih cepat meskipun untuk menonton jam 7.00 malam tetapi tepat jam 2.00 saat memasuki epicantrum XXI bertemu dengan Kak Ikung, sang fotografer KOPI (Koalisi Online Pesona Indonesia) untuk mengajak nonton yang pertama di studio 2 dan juga kebetulan bertemu Pak Yoen K (Eksekutif Produser) dan menyuruh saya bersama seorang teman blogger untuk masuk studio segera dan mengisi registrasi lalu diberikan Official Press Kit.

Mungkin saya bukan orang yang menonton dua kali di film ini yang sama dan tempat yang sama di studio. Ini demi semua komitmen yang sesungguhnya disampaikan di film Bulan Terbelah Di Langit Amerika. Apa siihh sesungguhnya pengertian komitmen. Yuks..kita jelaskan bersama. Komitmen adalah janji. Komitmen adalah janji pada diri kita sendiri atau pada orang lain yang tercermin dalam tindakan kita. “Komitmen merupakan pengakuan seutuhnya, sebagai sikap yang sebenarnya yang berasal dari watak yang keluar dari dalam diri seseorang”.

Diawal film ini terlihat seorang kepala keluarga dari Ibrahim Hussein yang memperlihatkan sikap yang ramah dan bertanggungjawab terhadap istrinya Azima Hussein (Rianti Cartwright) dan anaknya, Sarah Hussein. Kata-kata sang Ayah dipercakapan telepon sebagai korban peristiwa 9/11 pada awal cerita ini menjadi pelengkap diakhir film dan merupakan sebuah komitmen atau janji yang pada akhirnya mereka dapat pahami bersama. Komitmen ini dapat dilakukan bersama istri, anak, teman, sahabat dan bahkan yang lebih tinggi lagi dengan Allah SWT.

Bagaimana dengan Hanum dan Rangga ?

Mereka berdua pasangan suami istri adalah sosok pejuang untuk selalu menjaga komitmen di film Bulan Terbelah Di Langit Amerika. Kedatangannya ke New York, USA adalah sebuah tugas jurnalis karena Hanum (Acha Septriasa) bekerja di sebuah kantor berita di Wina yang diberi tugas untuk menulis artikel provokatif oleh redaksi berjudul “Apakah dunia lebih baik tanpa islam ?”. Begitu Rangga (Abimana Aryasatya) suaminya juga ditugasi oleh Professor untuk mewawancarai seorang milyuner dan philantropi Amerika bernama Philipus Brown sebagai syarat kelengkapan S3nya. Mereka berdua akhirnya bersama ke New York, USA. Meskipun begitu mereka berdua selalu mendapatkan cobaan-cobaan yang luar biasa terhadap perlakuan dan sikap warga New York, USA yang masih menganggap muslim adalah teroris. Perilaku inilah yang sesungguhnya mereka tidak paham sekali akan Islam. Namun dibalik kesulitan selalu ada kesenangan, dimana Islam yang tidak dikenal oleh mereka, akhirnya dapat dipahami bahwa Islam adalah Rahmatan Lillalamin dengan Alquran sebagai pedoman hidup.

Ground Zero adalah tempat dimana berdiri gedung pencakar langit WTC yang diserang oleh teroris pada tanggal 9 September 2001. Disinilah dibangun oleh pemerintah Amerika sebuah monumen untuk selalu diperingati setiap tahun. Dari nama-nama yang tertulis di dinding monumen tertulis nama muslim. Artinya teroris ini menjadikan Islam hanya sebagai tameng kebenaran untuk melakukan tindakkan yang salah. Subhanallah…..
Kebenaran selalu datang ketika kesulitan-kesulitan selalu menghatam kita. Harus selalu jaga komitmen kita dan Islam adalah cara untuk meneggakkan nilai-nilai kebenaran dari sebuah komitmen. Yuks..kita belajar lagi tentang komitmen. Komitmen mudah diucapkan. Namun lebih sukar untuk dilaksanakan. Mengiyakan sesuatu dan akan melaksanakan dengan penuh tanggungjawab adalah salah satu sikap komitmen.

Nino Fernandez sebagai Nino di saat premier BTdLA

Nino Fernandez sebagai Stefan di saat premier BTdLA

Di film Bulan Terbelah Di Langit Amerika, juga memberikan pelajaran orang yang tidak suka berkomitmen. Pasangan Stefan (Nino Fernandez) dan kekasihnya Jasmine (Hanna Al Rasyid) menjadi sebuah contoh bahwa pentingnya sebuah komitmen pernikahan sangat penting ketika kita hidup bersama di sebuah apartemen. Komitmen sering dikaitkan dengan tujuan, baik yang bertujuan positif maupun yang yang bertujuan negatif. Tanpa landasan yang baik, akhirnya mereka berdua pisah dengan beban yang dikandung sang wanita.

Sangat jelas sekali bahwa kebenaran selalu datang pada akhirnya, dimana semua orang akan menjawab sendiri pertanyaan yang dibuat oleh mereka tentang kebencian terhadap Islam. Sudah saatnya kita selalu berkomitmen, karena dengan komitmen seseorang mempunyai keteguhan jiwa. Stabilitas sosial tinggi, toleransi,, mampu bertahan pada masa sulit, dan tidak mudah terprovokasi.

Akhirnya film Bulan Terbelah Di Langit Amerika, menjadi inspirasi saya untuk selalu berkomitmen. Karena komitmen akan mendororong rasa percaya diri, dan semangat kerja, menjalankan tugas menuju perubahan ke arah yang lebih baik. Hal ini ditandai dengan peningkatan kualitas phisik dan psikologi dari hasil kerja. Yuks..saksikan film Bulan Terbelah Di Langit Amerika, di bioskop kesayangan Anda yang akan tayang perdana pada tanggal 17 Desember 2015.

Press Conferense dengan Media

Press Conferense dengan Media

Tinggalkan Balasan