Foto bersama narasumber Talk Show

GeMa CerMat, Cermat Mendapatkan Informasi Untuk Obat Yang Tepat.


Bertepatan dengan Hari Kesehatan Nasional ke-51 diselenggarakan Pameran Pembangunan Kesehatan, berlangsung di Hall C1 & C2 JIExpo, Kemayoran yang diselenggarakan pada tanggal 13-15 November 2015. Namun saya berkesempatan hadir pada hari sabtu (14/10/2015) pada acara Talk Show GeMa CerMat yang menghadirkan dua orang narasumber yakni dr. Azizahwati, M.S.Apt dan dr Purnawati Sujud, SpA(K) MMPED serta moderator Mira Sahid.

Registrasi Online peserta Talk Show GeMa CerMat di JIExpo, Kemayoran.

Registrasi Online peserta Talk Show GeMa CerMat di JIExpo, Kemayoran.

Tetapi sebelum acara dimulai saya berkesempatan untuk berkeliling arena pameran dan mendapatkan banyak buku-buku yang berhubungan dengan tema Talk Show mengenai GeMa CerMat (Gerakan Masyarakat Cerdas Menggunakan Obat). Merupakan upaya bersama antara pemerintah dan masyarakat melalui rangkaian kegiatan dalam rangka mewujudkan kepedulian, kesadaran, pemahaman dan ketrampilan masyarakat dalam menggunakan obat secara tepat dan benar.
Kurangnya pemahaman masyarakat dan informasi dari tenaga kesehatan, menyebabkan masyarakat menggunakan antibiotik tanpa supervise tenaga kesehatan. Persepsi yang salah pada masyarakat dan banyaknya masyarakat membeli antibiotic secara bebas tanpa resep dokter memicu terjadinya masalah resistensi antibiotik. Penggunaan obat bebas secara berlebihan (over dosis), kejadian efek samping, interaksi obat atau penyalahgunaan obat, seringkali terjadi pada masyarakat dan dapat menyebabkan masalah kesehatan baru. Infomasi obat yang tercantum pada kemasan obat, sering tidak diperhatikan dan dipahami dengan baik oleh masyarakat.

Foto bersama Narasumber & Bp.Erie Gusnellyanti (Foto Dok.Kania Ningsih)

Foto bersama narasumber & Bp.Erie Gusnellyanti (Foto Dok.Kania Ningsih)

Pada sekempatan tersebut dr Purnawati Sujud, SpA(K),MMPED menjelaskan dengan rinci berbagai hal tentang sebab akibat dari sebuah penyakit dan perkembangbiakan bakteri serta penyakit yang disebabkan oleh virus. Penggunaan obat yang tepat juga harus diperhatikan dan juga ketika minum obat harus memberikan jarak waktu sekitar 7,5 jam. Obat itu seperti dua sisi mata uang, bisa menjadi madu dan bisa juga menjadi racun. Jadi mengenal informasi masalah obat harus lebih detail dan rinci pemahamannya agar tidak membahayakan diri kita sebagai pengguna obat.

Dalam hal mengenai rincian tentang obat, dijelaskan oleh dr. Azizahwati, MS.Apt bahwa penggunaan obat secara tepat harus membaca informasi dengan cermat. Yang harus diperhatikan adalah Komposisi, Indikasi, Dosis dan cara pakai, Efek samping, Kontra indikasi dan tanggal kadarluarsa. Sehingga kita hati-hati gunakan obat, jadi harus banyak bertanya ke Apoteker.

Acara Talk Show ini sangat menarik perhatian buat para hadirin yang terdiri dari Komunitas, Blogger, Pramuka dan Umum. Ketika sesi pertanyaan diberikan para hadirin dengan semangat bertanya seputar masalah penggunaan obat yang tepat. Terkadang informasi mengenai obat menjadi sulit akibat akses yang kurang didapat ataupun kita malas untuk mengetahui masalah tersebut.

Minum Jamu lebih menyehatkan dan segar

Minum Jamu lebih menyehatkan dan segar (Foto Dok. Cahyanto Chan)

Diantara waktu Talk Show, saya sempat kebagian belakang dari depan panggung dan mencoba minum jamu tradisional yang juga disediakan buat para pengunjung. Jamu ini menjadi solusi untuk mengatasi berbagai penyakit serta banyak sekali khasiatnya. Jamuan adalah obat tradisional Indonesia, tercipta dari penggalian kekayaan dan keanekaraganan bahan alam oleh nenek moyang kita sejak ribuan tahun silam. Rasa yang nikmat yang diberikan minuman beras kencur dan ditambah satu cup lagi air jahe. Sehingga menjadi tambah segar untuk lanjut mendengarkan Talk Show.

Pada bagian akhir disampaikan oleh Ketua Panitia, Erie Gusnellyanti, Apt, MKM yang juga mewakili Direktur Bina Pelayanan Kefarmasian, Drs Bayu Teja Muliawan, M.Pharm, Apt. Salah satu penyebab pengggunaan obat yang tidak rasional adalah penggunaan obat yang tidak tepat oleh masyarakat, Hal ini dapat berupa swamedikasi yang tidak tepat, ketidakpatuhan dan penggunaan obat, cara penyimpanan obat yang salah di rumah tangga sampai pembelian obat antibiotik tanpa resep dokter.

Dengan demikian saya bersama komunitas blogger akan berupaya mensosialisasikan informasi yang tepat mengenai GeMa CerMat kepada masyarakat. Melalui blog yang telah kita buat menjadi bagian dari peran masyarakat untuk berbagi informasi serta di share ke twitter @gemacermat dan fanpage Cerdas Gunakan Obat yang juga sebagai hastagnya. Peran ini menjadi penting sekali, semoga banyak manfaat untuk kita semua.

Banner GeMa CerMat

Banner GeMa CerMat

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Anda dapat menggunakan tag dan atribut HTML: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>