Sunday Sharing #21 di Kantor Detik.Com ( Foto Doc. Blogdetik)

Mengajak Anak di Sunday Sharing #21


Beberapa hari sebelum dilaksanakan Sunday Sharing #21 pada hari Minggu (18/10/2015). Saya mengajak anak yang SMP Kelas 8 untuk ikut acara tersebut. Karena biasanya seharian dihabiskan waktunya bermain game di laptopnya. Rasa kuatir yang teramat saya rasanya jika terlalu lama di depan laptop akan berakibat mata mengalami iritasi. Alhamdullilah, sesuai rencana akhirnya mau ikut juga bersama belajar blogdetik di kantor detik.com di Jalan Warung Buncit Raya, Jakarta Selatan.

Kebetulan sekali pada hari Minggu ini merupakan hari libur kerja saya, maklumlah biasanya masuk kerja berhubung unit kerja menggunakan waktu on shift. Tidak saya sia-siakan waktu ini untuk bergegas mempersiapkan diri untuk mengikuti acara Sunday Sharing #21 dengan menyiapkan beberapa pesan yang harus dibawa yang dikirim ke email oleh Ketua Kelas dan Wakilnya, Mas Bowo dan Mas Dede.

Kang Arul sebagai narasumber Sunday Sharing #21 (Foto Dok.Pribadi)

Kang Arul sebagai narasumber Sunday Sharing #21 (Foto Dok.Pribadi)

Tema acara tersebut berhubungan dengan blogger untuk membuat repotase ketika menghadiri acara launching sebuah produk dan yang menjadi narasumber adalah Kang Arul. Pastinya dengan gaya khas Kang Arul, semua peserta merasa nyaman dan serius tapi santai. Semua peserta terlihat gembira dan terkadang tertawa ataupun tersenyum. Tentunya pengalaman menjadi seorang dosen disebuah peguruan tinggi hingga kini menjadikannya mudah sekali menyampaikan kepada peserta acara ini.

Disamping itu yang menjadi kesenangan saya adalah anak ikut serta dan interatif bersama peserta lainnya. Tanpa merasa minder meskipun diantara peserta lainnya usianya teramat muda yakni 14 tahun, pasnya Desember 2015. Dengan diberikan lima lembar kertas folio untuk tugas yang akan dikerjakan serta tiga buah spidol dengan warna merah, biru dan hitam menjadi langkah-langkah yang akan kita lalui saat belajar bersama Kang Arul.

Saat Kang Arul menjelaskan 5 buah gambar yang harus diselesaikan dengan menguraikan menjadi lima kata dalam satu paragraf yang saling bertautan. Anakku berhasil menguraikan kata-kata tersebut dan dibacakan oleh Kang Arul dari lembar kertas yang ditempel di dinding. Tentunya mendapatkan sebuah buku yang paling besar sebagai hadiahnya. Pastinya dia akan sangat tertarik dengan acara ini.

Pelajaran berikutnya adalah siapkan terlebih dahulu materi sebuah acara dengan mencari di websitenya begitupula dengan foto-fotonya agar informasi yang didapatkan menjadi benar. Juga perhatikan 8 kata yang akan menjadi bahan tulisan sebanyak 8 paragarf. Sehingga setiap kali ada acara yang biasanya lebih dari satu dalam tiap harinya dapat dipermudah dengan metode ini. Jangan terlalu membahas seluruh materi, tetapi bahaslah situasi dan kondisi saat itu yang mendukung acara berlangsung.

Memang waktu jua yang memisahkan pertemuan ini. Berhubung Kang Arul harus mengikuti acara berikutnya di Bentara Budaya, Palmerah pada jam 13.00 wib. Akhirnya dipercepat dan dipadatkan materinya. Meskipun begitu buat Saya ini menjadi pelajaran yang sangat berharga, apalagi anak ikut serta dan sungguh menyenangkan. Akhirnya ketika saat perjalanan pulang, dia berkata, “…..Ayah menyenangkan sekali acaranya dan kalau ada kesempatan lagi aku bisa ikut……..”.

Materi 5 gambar dengan 5 kata yang dikembangkan dalam 1 kalimat. (Foto Dok.Pribadi)

Materi 5 gambar dengan 5 kata yang dikembangkan dalam 1 kalimat. (Foto Dok.Pribadi)

Inilah kesan pertama yang menyenangkan, tentunya Kang Arul dapat membaca pikiran semua peserta dan sungguh menyenangkan juga akhirnya buku yang diberikan Kang Arul hingga kita terus dibaca oleh anak saya yang berjudul Kumpulan Kisah Klasik Dinasti Ming, ‘’Kisah Belut Emas’’. Disamping itu juga ada peserta yang terlihat pendiam ternyata terbukti dapat memberikan tulisan yang sangat bagus hingga akhirnya Kang Arul memberikan dua buah hadiah sekaligus . Semoga saja pada acara Sunday Sharing yang berikutnya menjadi acara yang menyenangkan dan selalu sukses.

Tinggalkan Balasan