DSC01925

Inspirasi Kreatif Tokopedia, Ciptakan Peluangmu


Warna hijau menjadi dominan sekali ketika saya menghadiri acara Tokopedia di Assembly Hall Lantai 9, Bapindo Plaza, Jalan Jend.Sudirman Kab 54-55, Jakarta Selatan. Waktu menunjukkan jam 8.45 wib, ketika saya melakukan registrasi dan mendapatkan kupon undian dan godiebag dengan warna hijau. Sudah banyak peserta yang hadir baik dari blogger, media maupun dari seller tokopedia.

Apa itu Tokopedia ? mungkin ini pertanyaan sebagian orang yang belum mengenal. Tokopedia.com merupakan salah satu mal online di Indonesia yangmengusung model bisnis markerplace. Sejak diluncurkan hingga akhir tahun 2015, layanan dasar Tokopedia bisa digunakan oleh semua orang secara gratis.

Tokopedia Roadshow dengan tema Ciptakan Peluangmu, menjadi rangkaian kegiatan keliling ke kota-kota besar di Indonesia diantaranya, Bandung, Surabaya, Semarang, Makassar, Medan, Malang, Solo, Yogyakarta dan Banjarmasin. Diawali di Jakarta pada Sabtu (10/10/2015) dengan dihadiri oleh banyak peserta dan merupakan ajakkan kepada generasi muda untuk, Ciptakan Peluangmu. Pada saat itu juga dihadiri oleh Abdulah Rahim Tahir selaku CEO JNE sebagai satu perusahaan kurier untuk mengantarkan barang pesanan dari tokopedia dan juga perwakilan dari Bank Mandiri yang menjelaskan produk-produk perbankan dan menjadikan sarana pembayaran dalam bertransaksi di tokopedia serta Smartfren sebagai pendukung acara ini yang menjadikan komunikasi anda menjadi lebih nyaman. Sedikit terlewati adalah Bank BNI yang turut serta menjadi pendukung acara Tokopedia Road show yang memiliki cabang diseluruh Indonesia.

Meskipun tertunda sekitar 1 jam dari rencana acara pada jam 9.00 wib yang dibuka oleh pembawa acara yang gendut dan lucu yakni Kemal Muchtar. Sebelum acara dimulai dipersilhakan hadirin untuk memeriksa kursi yang ada stiker sebagai door prize dan juga melakukan lomba live tweet dengan mention @smartfrenworld @tokopedia dan hastag #TopedJKT15 #GoForit sehingga selama acara berlangsung hadirin dipersilahkan untuk mengirim ke media sosial baik facebook, twiteer dan instagram.

Ciptakan Peluangmu, ini akan menjadi fokus Tokopedia dalam satu tahun ke depan dengan harapan bisa menjadikan Indonesia sebagai kekuatan digital terbesar di Asia Tenggara dan memberikan edukasi kepada masyarakat agar dapat menciptakan peluangnya sendiri melalui pemanfaatan internet, demikianlah yang dikatakan Willian Tanuwijaya sebagai CEO Tokopedia.

Beberapa tokoh muda kreatif dan insipiratif dihadirkan dalam acara ini sepert Arie Kriting sebagai Stand up Comedy Indonesia, Alit Susanto sebagai Penulis Buku /Blogger dan Rizki Auliadi sebagai Salles Tokopedia. Dari ketiga tentunya tidak berbasis suka dengan berbisnis online seperti hal dengan Arie Kriting, menjadi tokoh muda yang mejadikan alternatif teman-teman dari Indonesia Timur untuk senantiasa mengembangkan kreatifitas didalam komedi dengan ide-ide dan banyolannya menjadi yang menarik dan banyak orang terhibur, meskipun diawal kariernya tidak semudah yang dibayangkan. Begitu juga dengan penulis buku Alitt Susanto, yang sukses dengan hasil karya dari penulisan buku dan dalam waktu dekat bukunya difilmkan ke layar lebar, disamping itu dia mendapatkan peran sebagai security. Menurutnya, jika kita mau berubah janganlah disitu-situ saja tetapi melakukan sesuatu.

Menyimak kisah tentang suksesnya Rizky Auliadi sebagai seller di Tokopedia adalah merupakan doa dari Ibu dimana ketika dia dalam kesulitan maka disitulah ibu selalu mendoakan anaknya supaya sukses dengan kata-kata jangan putus asah. Sukses dengan menjualan aneka macam souvenir dengan brand Evriz. Kehidupan yang dulu dilakukan apa saja baik sebagai pengamen maupun pemulung pada akhirnya dengan semangat dan terus berinisiatf dengan kreatif sehingga berhasil menciptakan lapangan kerja bagi masyarakat disekitarnya. Hasil inovasinya sangat digemari oleh konsumen di Tokopedia.

Ki-Ka, William, Arie, Alitt, Sobari, Rizki & Abdull ahRahim

Ki-Ka, William, Arie, Alitt, Sobari, Rizki & Abdull ahRahim

Kisah sukses Willian Tanuwijaya dapat ditularkan kepada masyarakat di Indonesia dengan mengedukasi mengenai penggunaan internet sebagai dasar bisnis dan menginspirasikan masyarakat untuk menciptakan peluangnya sendiri demi kehidupan yang lebih baik. Ciptkan Peluangmu, menjadikan semangat untuk berbagi kepada setiap pelaku UKM (Usaha Kecil Menengah) bersama menciptakan peluang yang mandiri dan sejahterah untuk bersama. Saat inilah membuka mata saya inginĀ  bergabung di Tokopedia menjadi seller. Acara yang bermanfaat dan tepat guna untuk selalu berusaha dengan menjaga kepercayaan.

Tinggalkan Balasan