Bursa Efek Indonesia

Jangan Takut Berinvestasi Saham Di Bursa Efek Indonesia.


Hari ini (Sabtu,3/10) Bursa Efek Indonesia (BEI) mengadakan Money Brunch #5 yang mengundang blogger untuk turut berpartisipasi. Lokasi BEI berada di Kawasan SCBD yang diadakan pada Jam 09.30 – 14.00. Beberapa narasumber turut serta memeriahkan acara ini. Sedikit banyak kita lebih mengenal pasar modal.

Pasar modal merupakan kegiatan yang berhubungan dengan penawaran umum dan perdagangan efek, perusahaan publik yang berkaitan dengan efek yang diterbitkannya, serta lembaga dan profesi yang berkaitan dengan efek. Pasar Modal menyediakan berbagai alternatif bagi para investor selain alternatif investasi lainnya, seperti: menabung di bank, membeli emas, asuransi, tanah dan bangunan, dan sebagainya. Pasar Modal bertindak sebagai penghubung. Pasar Modal bertindak sebagai penghubung antara para investor dengan perusahaan ataupun institusi pemerintah melalui perdagangan instrumen melalui jangka panjang seperti obligasi, saham, dan lainnya. Berlangsungnya fungsi pasar modal adalah meningkatkan dan menghubungkan aliran dana jangka panjang dengan “kriteria pasarnya” secara efisien yang akan menunjang pertumbuhan riil ekonomi secara keseluruhan.

Usia pasar modal Indonesia sebenarnya tidak lagi muda, sebab bangsa ini sudah mengenal pasar modal sejak tahun 1912 lalu, tegas Indrasto Budisantoso (Founder Jojonomic). Sayangnya meski berumur lebih dari seabad, belum mayoritas masyarakat Indonesia yang memanfaatkan pasar modal sebagai sarana investasi. Fakta itu terlihat dari sub rekening efek investor domestik yang tercatat, jumlahnya hanya sekitar angka 376.000 per 30 September 2013. Bandingkan dengan jumlah penduduk Indonesia yang mencapai 230 juta jiwa. Peningkatan jumlah investor domestik merupakan tantangan bagi pasar modal Indonesia. Rencana­rencana strategis pun dicanangkan, di antaranya dengan diselenggarakannya program Gerakan Cinta Pasar Modal pada tahun 2013 ini.

Menurut Arsya sebagai blogger pemilik account @sosialjunkee. Masyarakat masing belum begitu paham dengan pasar modal yang ada bahkan dia katakan baru mengetahui tentang bursa saham pada saat ini. Artinya masih banyak orang Indonesia yang tidak mengenal dan paham dengan investasi saham di Bursa Efek Indonesia. Sebenarnya sebuah kesempatan buat kita mengenal lebih jauh tentang saham ini melalui informasi yang disebarkan oleh blogger.

Daniel Tedja selaku Pres.Dir. Phillip Securities Indonesia, menjelaskan dengan adanya internet broker ini, para investor bisa melakukan semua proses transaksi tak terkecuali termasuk mengakses data dan analisa melalui komputer. Kini siapapun bisa melakukannya, dengan semakin canggihnya fitur yang tertanam di smart phone penggunaan internet broker semakin mudah dan murah. Dengan internet broker, para investor bisa melakukan investasi kapan saja dan dimana saja sesuai keinginan mereka.

Memang berbicara mengenai keuangan sangatlah membosankan tetapi menarik. Pihak penyelenggara juga beberapa permaian dan lomba twit dan instagram. Juga menebak judul film yang berhubungan dengan pasar modal. Ternyata untuk lomba live twit, saya disebut juga sebagai pemenangnya dan mendapat sebuah buku.

Tentunya pada awal acara ini juga telah disampaikan oleh Nicky Hoga sebagai Direktur Pengembangan BEI, bahwa masyarakat jangan takut untuk bermain saham di bursa efek karena dijamin oleh OJK (Otorisasi Jasa Keuangan).

Pada kesempatan ini pihak penyelenggara acara, setelah makan siang. kita diajak untuk berkeliling disekitar BEI. Tenyata baru kali pertama ini saya mengetahui adanya Meseum Sejarah Bursa Efek Indonesia. Sejarah dimulai dari masa kolonial Belanda dan dilanjutkan hingga periode kemerdekaan hingga masa kini. Tampak ada beberapa simbol binatang yang menjadi motivasi bagi para pelaku pasar uang ini. Ternyata teknologi dan informasi sangat berpengaruh bagi perkembangan bagi pelaku pasar uang. Mulai menggunaan papan tulis sampai penggunaan HT (Handy Talking) untuk proses di lantai bursa. Saatnya pelajar sekolah hingga mahasiswa harus lebih mengenal dan pihak pemerintah perlu menambahkan mata pelajaran ekonomi mengenai bursa efek. Sehingga menjadi paham dan mengerti ditingkat pelajar dan mahasiswa.

Demikianlah sekilas mengenainpasar modal dengan beberapa cara dengan program yang dilakukan oleh jojonomic dan semakin mengerti akan bursa saham dan pasar modal.

Tinggalkan Balasan