Yuk Kelola Keuangan Dengan Bijak, bersama Sunlife Financial & Safir senduk

Safir Senduk, Bahas Keuangan Dengan Bijak Di Cafe XXI Plaza Indonesia.


Diawal bulan Agustus, 2015, Kita semua rekan-rekan blogger di undang oleh Sun Life Financial untuk menghadirkan sebuah acara dengan tema acara yang sangat menarik sekali bagi keselamatan dompet kita. Iyaa.. dompet terutama isinya yakni uang. Dengan pengelolahan uang yang cermat tentunya keuangan kita dapat diselamatkan, tentunya kata BIJAK harus menjadi solusinya.

Sesuai dengan jadwal acara yang dimulai jam 12.00 dan berlokasi di Cafe XXI, Plaza Indonesia lantai 6, Jl. M.H. Thamrin Kav.28-30, Plaza Indonesia, Jakarta Pusat. Tentunya sebelum acara dimulai, semua hadirin saling bersilaturahmi setelah beberapa waktu yang lalu kita semua merayakan Idul Fitri dan juga menyantap makanan siang yang telah disediakan oleh pihak panitia.

Elin Waty, Direktur dan Chief Distribution Officer PT Sun Life Indonesia

Elin Waty, Direktur dan Chief Distribution Officer PT Sun Life Indonesia

Setelah beberapa waktu kita saling bercerita dengan sesama blogger dan juga saling beramah tamah, akhirnya panitia membuka acara setelah satu jam kemudian. Acara diawali oleh kehadiran Ibu Elin Waty, selalu Direktur & Chief Distribution Offcer PT Sun Life Finacial Indonesia. Beliau bertanggung jawab untuk menetapkan strategi distribusi dan penempatan bisnis baru bagi kelompok perusahaan Sun Life Financial di Indonesia.

Ibu Elin Waty, memberikan paparan tentang Sun Life Financial

Ibu Elin Waty, memberikan paparan tentang Sun Life Financial

Sun Life Financial adalah organisasi jasa keuangan internasional terkemuka yanga menyediakan aneka produk asuransi dan wealth management untuk nasabah individu dan korporat. Didirikan pada 1865, Sun LifeFinancial dan mitranya saat ini beroperasi di pasar utama dunia yakni Kanada, Amerika Serikat, Inggris, Irlandia, Hong Kong, Filipina, Jepang, Indonesia, India, China dan Bermuda.

SLF, Pertumbuhan pasar di Asia

SLF, Pertumbuhan pasar di Asia

Sun Life Financial Indonesia, mulai beroperasi pada 1995 dengan Visi dan Misi, menjadi salah satu dari 10 perusahaan asuransi jiwa terbesar di Indonesia dan membantu keluarga Indonesia mencapai kesejahteraan dengan kemapanan financial.
Sun Life Financial, Membantu nasabah mencapai kesejateraan dengan kemampuan financial, seperti proteksi dan tabungan. Pertumbuhan pasar di Asia, sangatlah pesat dari mulai China, India, Vietnam, Indonesia, Philipina, Hong Kong dan Malaysia. Di Indonesia terdiri dari beberapa group :
– Sun Life Financial Indonesia (SLFI) : Distribusi Keagenan dan Distribusi Alternatif – in branch dan telemarketing
– CIMB Sun Life (CSL) : Perusahaan asuransi jiwa patungan dengan CIMB Niaga Bank (dengan kepemilikan Sun Life Financial sebanyak 49%) dan Distribusi ekslusif melalui Bank CIMB Niaga.
– Sun Life Indonesia Services (SIS) : Perusahaan Layanan Bersama dan Memberikan dukungan operasional kepada SLFI dan CSL.

Penghargaan Sun Life Financial

Penghargaan Sun Life Financial

Berbagai penghargaan pernah didapatkan oleh Sun Life Financial antara lain Best 50 Corporate Kngihts-2011, Canada’s Most Trusted Brands 2011, FTSE4Good dan Global100 pada 2012. Begitu pula dengan kekuatan lainnya seperti Risk Based Capital (Konvensional) of 755%, jauh lebih tinggi dari persyaratan pemerintah yaitu 120%, Risk Based Capital (Syariah) of 154%, jauh lebih tinggi dari persyaratan pemerintah yaitu 30%, sehingga total asset Rp.6.75 trilliun total klaim Rp.144,7 miliar. Dengan begitu Sun Life financial, mampu menjalankan distribusi dengan kuat antara lain, Distribusi Keagenan yang memiliki lebih 9000 agen yang tersebr di 56 kota di seluruh Indonesia dan Distribusi Alternatif didukung oleh lebih dari 200 telemarketer yang tersebar di berbagai call center serta memperluas dan meningkatkan kemitraan bancassurance.

Safir Senduk, Siapkan Catatan Anda.

Safir Senduk, Siapkan Catatan Anda.

Selanjutnya sesi acara dilanjutkan oleh Safir Senduk, seorang rencana keuangan, yang menempuh pendidikannya di STIE IBMI Jakarta, ia memiliki sertifikasi CFP (Certified Financial Planner). Sesuai tema acaranya, Yuk Kelola Keuangan Dengan Bijak ! tentunya sangat dinanti bagi kita semua, apalagi untuk profesi sebagai blogger dengan pesan awal oleh Safir Senduk yakni Siapkan Catatan Anda.

Siapa yang paling kaya?

Siapa yang paling kaya?

Siapa yang paling kaya diantara ketiga profesi berikut ini :
– Karyawan adalah seseorang Yang bekerja di dalam sebuah organisasi dan sebagai kompensasinya dia mendapatkan penghasilan sebulan sekali. Besar penghasilannya dibatasi oleh peraturan di dalam perusahannya.
– Profesional adalah sseorang yang bekerja memberikan jasanya, dan dari jasa yang ia berikan ia mendapatkan penghasilan dari situ. Makin banyak orang meminta jasanya, makin banyak penghasilannya.
– Pengusaha adalah seseorang yang memiliki bisnis sendiri dan umumnya memiliki tim yang membantu menjalankan bisnis tersebut, dimana kalaupun orang tersebut pergi, timnya bisa tetap menjalankan bisnisnya dan memberikan penghasilan si pemilik bisnis berasal dari pembagian laba bisnisnya.

DSC01995Siapa yang paling kaya diantara ketiganya ?

– Kekayaan bukan diukur dari besarnya penghasilan.
– Kekayaan bukan diukur dari tingginya Jabatan.
– Kekayaan diukur dari investasinya.

DSC02002Tips Memilih Investasi Via Manajer Investasi :

  • Reputasi
  • Kemana Investasi
  • Prestasi Selama Ini

Contoh investasi adalah Real Estate,

Property Value : Location, Market, Condition, Neighborhood & Age

Tips Menyewakan :

  1. Frekuensi Sewa Pendek
  2. Sewakan Ke Banyak Penghuni

Contoh : Rumah Kost

Hindari investasi yang tidak jelas agar uang Anda tidak lenyap.

Waspadai Penipuan Investasi. Ciri-cirinya sebagai berikut,

  • Bunga sangat tinggi
  • Janji cash bulanan
  • Dijamin tidak rugi
  • Bonus member baru
  • Skema mustahil

DSC02034

Karakter pribadi mempengaruhi perilaku keuangan.

DSC02005Tahukah Anda bahwa karakter Anda akan menentukan bagaimana Anda mengelola keuangan, termasuk bagaimana Anda mengelola penghasilan, pengeluaran, memilih asset dan memilih investasi. Karakter sangat ditentukan oleh apa yang ada dalam kepala kita yaitu Otak.

Logika VS InstingDalam Otak, ada dua bagian besar yaitu Otak kiri dan Otak kanan. Masing-masing dari mereka memiliki fungsi yang berbeda. Otak kiri atau logika terdiri dari Matematika, Bahasa, membaca, menulis, logika, urutan, system, kepastian dan analisa. Otak kanan atau insting terdiri dari kreativias, konseptual, gagasan, inovasi, gambar, warna, music, irama dan melodi.

DSC02026Mengelola Cashflow. Hal paling penting pertama dalam mengelola keuangan adalah bagaimana Anda bisa mengatur cashflow masuk atau arus keluar masuk uang dari penghasilan yang Anda dapatkan. Bagaimana Anda mengelola cashflow bisa sangat menentukan akan masuk ke dalam golongan apa Anda dalam soal keuangan.

DSC020271. Miliki investasi sebanyak mungkin. Banyak orang berpikir bahwa kunci untuk jadi sejahtera adalah dengan memiliki Gaji Besar. Makin besar gajinya, makin sejahteralah dia. Dalam perencanaan keuangan, ini akan merepotkan Kenapa ? Karena kalau seseorang terpaksa tidak bisa bekerja lagi, penghasilannya juga akan berhenti. Jadi kuncinya, jangan mengandalkan kesejahteraan dari besarnya gaji, tapi andalkan dari Aset, dalam hal ini Aset Produktif atau Harta Produktif. Jadi pesan utamanya adalah jangan bekerja untuk uang atau gaji, tapi bekerjalah untuk bikin asset. Harapannya, nanti asset itulah yang akan menghidupi keluarga Anda kelak.

DSC020282. Siapkan dana untuk masa depan. Masa depan bukanlah misteri kalau Anda siapkan dari sekarang. Salah satu cara mempersiapkannya adalah dengan mempersiapkan dana untuk Pos Pengeluaran Besar yang akan Anda keluarkan di masa depan.

DSC020293. Atur Pengeluaran. Hal berikut yang harus Anda lakukan adalah dengan mengatur pengeluaran. Mengatur pengeluaran disini bukan berarti Anda harus mengeluarkan uang sesedikit mungkin, tapi berusaha agar pengeluaran Anda tidak melebihi yang seharusnya.

Ada 3 kalimat yag sangat menarik dari Safir Senduk saat menyampaikan seminar ini adalah,

1. Semua akan indah kalau ada duitnya.

  • Menikah
  • Rumah & isinya
  • Sekolah
  • Biaya tergantung jurusannya (Kedokteran, Teknik & Sosial)
  • Pensiun
  • Miliki Asuransi

DSC02083

2. Kita hidup di negara dimana……kalau kita gak punya mobil, KITA DIANGGAP BELUM MAPAN.

3. Semua Uang Besar, dimulai dari Uang Kecil

Ketahui Dimana Boros Anda, lalu kurangi pelan-pelan.

Perlu dikatagorikan : Wajib,Butuh dan Ingin.

Siapa yang bisa mengendalikan keinginanya, dia bisa mengendalikan pengeluaran.

DSC02078

  • Cicilan Utang 30%
  • Tabunga & Investasi 10%
  • Premi Asuransi 10%
  • Biaya Hidup 50%

Para Blogger yang berhasil dalam menjawab pertanyaan.

Gak semua Sale beneran Sale. Contoh : Harga barang Rp.1 juta, diskon 40% +30%.

Pertama di diskon 40% dari Rp.1 juta sehingga potongan harga barang menjadi Rp.400.000, lalu didiskon lagi 30% dari pengurangan Rp.1juta dengan Rp.400.000 adalah Rp.600.000 potongan harga menjadi Rp.180.000. Sehingga total diskon 40%+30% adalah Rp.400.000 +Rp.180.000 = Rp.580.000 , harga setelah diskon menjadi. Rp.420.000

Seringkali kita salah persepsi jika diskon 40%+30% adalah 70%

DSC02003Pembahasan panjang yang sangat mengena dan terkini bagi kita dalam menghadapi masalah keuangan dan mengatasinya. Semoga saja ini menjadi solusi dalam mengatasi kesalamatan dompet kita dimasa depan. Manfaat penjelasan Ibu Elin Waty mengenai Sun Life Financial, juga dapat kita ikuti di website www.sunlife.co.id atau di fanpage facebook Sun Life Financial Indonesia dan twiter @sunlife_ID. Begitupula dengan tips solusi keuangan dengan Safir Senduk dapat kita bersama kita saksikan di facebook Safir Senduk dan twitter @safirsenduk.hasil dalam menjawab pertanyaan.

Foto Bersama Dengan Safir SendukHal yang menggembirakan adalah pada sesi pertanyaan yang dijawab oleh rekan-rekan blogger dengan sangat antusiasnya karena memang ada hadiah yang lumayan oke. Tetapi tidak itu saja kita semua mengucapkan terima kasih atas perhatian Sun Life Financial Indonesia dan Safir Senduk, sebagai langkah terbaik dan Bijak mengelola keuangan untuk profesi blogger.

Para Blogger Yang Antusias Menjawab Pertanyaan.

Para Blogger Yang Antusias Menjawab Pertanyaan.

2 Commentsto Safir Senduk, Bahas Keuangan Dengan Bijak Di Cafe XXI Plaza Indonesia.

  1. kornelius mengatakan:

    wah.. lengkap sekali… semoga sukses melakukan yang disarankan safir senduk ya :)

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Anda dapat menggunakan tag dan atribut HTML: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>